Penyisihan Fosfat dari Air Limbah Laundry Menggunakan Kolom dengan Kombinasi Media Pasir dan Adsorben Serbuk Sabut Kelapa

Nadika, Aprilia (2023) Penyisihan Fosfat dari Air Limbah Laundry Menggunakan Kolom dengan Kombinasi Media Pasir dan Adsorben Serbuk Sabut Kelapa. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (281kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (351kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
TA NADIKA APRILIA-1910941007-E-SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Air limbah laundry berasal dari usaha laundry yang mengandung surfaktan, senyawa fosfat, dan bahan aditif seperti pemutih dan pewangi. Penelitian ini bertujuan untuk menyisihkan fosfat dari air limbah laundry menggunakan kolom yang terbuat dari pipa PVC diameter 5 cm dengan kombinasi pasir sebagai filter dan serbuk sabut kelapa sebagai adsorben. Percobaan dilakukan dengan aliran downflow selama 48 jam pada ketinggian bed 30 cm dengan rasio pasir dan adsorben serbuk sabut kelapa 1:1. Kinerja kolom dipelajari dengan memvariasikan kecepatan alir influen yaitu 2 gpm/ft2 (1,36 L/s.m2) dan 3 gpm/ft2 (2,04 L/s.m2), serta variasi kondisi media dalam kolom yaitu kolom dengan media terpisah dan tercampur, serta adsorben saja dan pasir saja sebagai kontrol. Konsentrasi fosfat diukur menggunakan spektrofotometer UV-VIS. Konsentrasi awal fosfat dalam air limbah laundry pada sampel berada dalam rentang 31,765 mg/L sampai 32,293 mg/L. Hasil penelitian menunjukkan variasi terbaik pada kolom dengan media tercampur pada kecepatan alir influen 2 gpm/ft2 dengan efisiensi penyisihan rata-rata tertinggi yaitu 35,18%. Sementara kapasitas adsorpsi terbesar yaitu 418,35 mg/g didapatkan pada kondisi kolom yang sama dengan kecepatan alir influen 3 gpm/ft2. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa kombinasi media pasir dan adsorben serbuk sabut kelapa dalam kondisi tercampur mampu meningkatkan efisiensi penyisihan dan kapasitas adsorpsi karena proses filtrasi dan adsorpsi yang terjadi secara bersamaan serta dapat memperpanjang masa pakai media di dalam kolom dengan kecepatan alir yang kecil. Secara keseluruhan, hasil penelitian percobaan menunjukkan bahwa kolom dengan kombinasi media pasir dan adsorben serbuk sabut kelapa berpotensi untuk dikembangkan dan diaplikasikan dalam penyisihan fosfat dari air limbah laundry.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Denny Helard
Uncontrolled Keywords: adsorpsi, air limbah laundry, filtrasi, fosfat, serbuk sabut kelapa
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:30
Last Modified: 06 Sep 2023 07:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212457

Actions (login required)

View Item View Item