Aplikasi Life Cycle Assessment (LCA) Pada Proses Olahan Produk Rendang Sapi dengan Pemasakan Menggunakan Tungku Kayu (Studi Kasus Rendang Uni Lili)

Annisa, Farras Aufa (2023) Aplikasi Life Cycle Assessment (LCA) Pada Proses Olahan Produk Rendang Sapi dengan Pemasakan Menggunakan Tungku Kayu (Studi Kasus Rendang Uni Lili). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Annisa Farras Aufa Cover dan Abstrak)
Annisa Farras Aufa Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (Annisa Farras Aufa Bab I)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (117kB)
[img] Text (Annisa Farras Aufa Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text (Annisa Farras Aufa Full TA)
TA Annisa Farras Aufa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (Annisa Farras Aufa Bab 5)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (43kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak lingkungan dari proses produksi rendang pada Rendang Uni Lili menggunakan metode Life Cycle Assessment (LCA). Rendang Uni Lili merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pangan berupa rendang sapi dengan kapastas produksi 20 – 40 kg daging per hari dengan ciri khas pemasakannya menggunakan tungku kayu bakar. Proses produksi yang dikaji pada penelitian ini adalah transportasi bahan baku, persiapan bahan, pemasakan, pengemasan, dan transportasi rendang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode LCA, sehingga diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam pemahaman produksi pangan yang lebih berkelanjutan. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan gate-to-gate menggunakan Software SimaPro 9.4 dengan metode CML-IA Baseline, serta mengacu pada standar ISO 14040 tahun 2016. Hasil normalisasi menghasilkan dampak global warming yang bernilai paling tinggi sebesar 8,28 x 10-13 dengan proses yang paling berpengaruh adalah pemasakan senilai 6,69 x 10-13 dan proses pendinginan senilai 2,85 x 10-14. Proses pemasakan dan proses pendinginan berdampak besar terhadap lingkungan. Rekomendasi perbaikan yang diberikan untuk mengurangi nilai dampak adalah dengan substitusi kebutuhan kayu bakar dengan campuran 50% gas LPG dan 50% gas DME dan penggunaan chest freezer 94 Watt untuk mengurangi konsumsi daya listrik sebesar 6%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rizki Aziz, Ph.D
Uncontrolled Keywords: CML-IA Baseline, Gate-to-gate, Life Cycle Assessment, Rendang Uni Lili, SimaPro
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:55
Last Modified: 06 Sep 2023 04:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212409

Actions (login required)

View Item View Item