Pengaruh Multikomponen Kristal Piperin Asam Nikotinat Terhadap Profil Disolusi, Profil Lipid Dan Ekspresi Gen PCSK9 dan LDLr Pada Tikus Hiperlipidemia

Maria, Dona Octavia (2023) Pengaruh Multikomponen Kristal Piperin Asam Nikotinat Terhadap Profil Disolusi, Profil Lipid Dan Ekspresi Gen PCSK9 dan LDLr Pada Tikus Hiperlipidemia. Doctoral thesis, University of Benin, Benin City, Nigeria.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text (Bab I (Pendahuluan))
BAB 1 (PENDAHULUAN).pdf

Download (87kB)
[img] Text (Bab 7 (Penutup/Kesimpulan))
BAB AKHIR (PENUTUP ATAU KESIMPULAN).pdf

Download (186kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (259kB)
[img] Text (Disertasi Fulltext)
DISERTASI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Piperin merupakan senyawa metabolit sekunder golongan alkaloid hasil isolasi dari Piper nigrum, L, memiliki aktivitas farmakologis, salah satunya aktivitas antihiperlipidemia. Piperin termasuk ke dalam Biopharmaceutical Classification System kelas II, yang memiliki kelarutan yang rendah di dalam air sehingga menyebabkan rendahnya bioavaibilitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh multikomponen kristal piperin asam-nikotinat terhadap sifat fisikokimia, meningkatkan kelarutan, profil disolusi, aktivitas antihiperlipidemia dan ekspresi gen proprotein convertase subtilin kexin 9 (PCSK9) dan low density lipoprotein receptor (LDLr) pada tikus hiperlipidemia. Multikomponen kristal dibuat dengan metode solvent drop grinding menggunakan pelarut etanol pa dengan penambahan asam nikotinat sebagai koformer. Multikomponen kristal yang terbentuk dikarakterisasi dengan difraksi sinar-X, differential scanning calorimetry, spektroskopi Fourier Transform-Infra Red, scanning electron microscopy, uji kelarutan dan profil disolusi menggunakan KCKT dengan fase gerak asetonitril: air (90:10). Penilaian aktivitas antihiperlipidemia dilakukan dengan pemeriksaan kadar profil lipid plasma dan ekspresi gen PCSK9 dan LDLr dilakukan dengan Real Time-Polymerace Chain Reaction. Karakterisasi fisikokimia multikomponen kristal menunjukkan penurunan intensitas pada analisa difraksi sinar-X, penurunan puncak endotermik dan nilai entalpi pada termogram DSC, tidak terjadinya interaksi kimia antara piperin dan asam nikotinat pada spektrum FTIR, terbentuknya habit kristal baru pada mikroskopik SEM, kelarutan meningkat sebesar 3,03 kali (p<0,05) dan profil disolusi meningkat 5,92 kali (p<0,05) dibanding piperin murni dan campuran fisika. Aktivitas antihiperlipidemia multikomponen kristal menunjukkan penurunan total cholesterol, total triglyserida, LDLc (p<0,05) serta meningkatkan HDLc dan Hasil penilaian ekspresi gen menunjukkan pembentukan multilomponen kristal mempengaruhi ekspresi gen PCSK9 dan LDLr. Multikomponen kristal piperin asam nikotinat dapat memperbaiki sifat fisikokimia, meningkatkan kelarutan, profil disolusi, mempengaruhi kadar profil lipid plasma serta ekspresi gen PCSK9 dan LDLr.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Erizal Zaini, M.Si, Apt
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Pascasarjana (S3)
Depositing User: s3 Biomedik kedokteran
Date Deposited: 11 Sep 2023 01:26
Last Modified: 11 Sep 2023 01:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212402

Actions (login required)

View Item View Item