Pengaruh Kualitas Pelayanan Pustaka Terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung Perpustakaan Pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang

Dona, Ariska Prima (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Pustaka Terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung Perpustakaan Pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER_ABSTRAK)
COVER_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (458kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (918kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (494kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (464kB)
[img] Text (Skripsifulltext)
fulltext Skripsi Dona.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa fenomena yang ditemukan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang tepatnya bidang perpustakaan, hingga sekarang belum ada kepastian gedung tetap perpustakaan Kota Padang yang mana telah terjadi beberapa kali pemindahan lokasi gedung perpustakaan mulai dari 2007 hingga tahun 2023 yang mana gedung yang ditempati dari tahun 2018 hingga sekarang masih berstastus hukum kepemilikan tanah dipegang oleh pemerintah Provinsi Sumatera Barat bukan oleh Pemerintah Kota Padang sehingga renovasi dan perluasan gedung tidak dapat dilakukan. Dengan kondisi kapasitas gedung yang cenderung sempit dan tidak memadai sangat berdampak pada kelangsungan proses pelayanan pustaka yang diberikan terutama kurang lengkapnya prasarana pendukung hingga administrasi pelayanannya masih dilakukan secara manual yang membuat pelayanan pustaka berjalan kurang optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisoner serta dokumentasi. Untuk kuisoner sebagai alat ukur dapat menjadi valid, reliabel dan objektif maka dilakukan uji validitas menggunakan korelasi Bivariate Person serta uji reliabilitas menggunakan metode Cronbach’s Alpha. Dalam penelitian ini teknik pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi Kendall’s Tau. Berdasarkan hasil penelitian pada 98 responden menunjukkan bahwa analisis stastistik deskriptif kualitas pelayanan pustaka dalam kriteria jawaban kategori baik dengan persentase 81,24%, serta untuk tingkat kepuasan pengunjung perpustakaan dengan persentase 77,58% dengan kriteria jawaban kategori cukup baik. Hasil perhitungan uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi Kendall’s Tau sebesar 0,535 yang menunjukkan bahwa kedua variabel memiliki hubungan dengan tingkat sedang. Sedangkan dari hasil uji koefisien determinasi didapatkan nilai r^2 sebesar 42,6%. Maka dapat disimpulkan kualitas pelayanan pustaka mempengaruhi kepuasan pengunjung perpustakaan Pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang sebesar 42,6%, sedangkan 57,4% dipengaruhi oleh hal lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Malse Yulivestra, S.Sos, M.AP and Muhammad Ichsan Kabullah, S.IP, M.PA.
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 05 Sep 2023 08:32
Last Modified: 05 Sep 2023 08:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212333

Actions (login required)

View Item View Item