Audit Keselamatan Jalan Dokumen Detail Engineering Design Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Pekanbaru-Padang Seksi Sicincin-Lubuk Alung-Padang

Syahrul, Zalmi (2023) Audit Keselamatan Jalan Dokumen Detail Engineering Design Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Pekanbaru-Padang Seksi Sicincin-Lubuk Alung-Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
2. BAB 1(Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text (BAB akhir (Penutup dan Kesimpulan))
3. BAB akhir (Penutup dan Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (139kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pulau Sumatera adalah pulau terbesar kedua di Indonesia dengan populasi melebihi 58 juta jiwa. Dianugerahi beragam potensi alam dan komoditas berlimpah serta menjadi penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar kedua di Indonesia sebesar 21,70 % (BPS, 2021). Kemajuan dan keberlanjutan perekonomian perlu dijaga demi menjamin stabilitas dan pertumbuhan di kawasan tersebut. Upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi hal tersebut dengan membangun infrastruktur berupa jalan tol. Disamping manfaat pembangunan jalan tol diberbagai bidang, ternyata muncul beberapa permasalahan antara lain kecelakaan lalu lintas akibat defisiensi keselamatan infrastruktur jalan tol. Hal tersebut membuat penulis tertarik untuk melakukan tinjauan audit keselamatan jalan pada tahap Detail Engineering Design (DED) pada jalan tol Trans Sumatera Ruas Pekanbaru-Padang Seksi Sicincin-Lubuk Alung-Padang Sta. 0+000 - 20+000. Penelitian ini merujuk pada Pedoman Audit Keselamatan Jalan No. Pd T-17-2005-B Daftar Periksa C : Audit Keselamatan Jalan Tahap Detail Desain, peraturan-peraturan, standar, dan pedoman yang berlaku. Dari penelitian ini ditemukan beberapa kekurangan pada dokumen DED jalan Tol tersebut. Kelemahan tersebut berupa tidak adanya draft desain jalan, belum dilengkapi dengan gambar detail perencanaan lanskap dan Penerangan Jalan Umum (PJU), beberapa rambu lalu lintas belum dilengkapi , serta belum adanya perencanaan relokasi bangunan SUTT,SUTTET, dan SUTTAS. Kekurangan pada dokumen DED lalu diberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan hasil audit keselamatan jalan berdasarkan pedoman Audit Keselamatan Jalan No. Pd T-17-2005. Kekurangan dari hasil audit juga dilakukan perhitungan biaya untuk memenuhi realisasi pekerjaan. Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) merujuk kepada Peraturan Menteri PUPR No. 1 tahun 2022 dan Harga Satuan Pekerjaan (HSP) merujuk kepada HSP Kota Padang 2023. Dari hasil analisa rencana anggaran biaya diperoleh total biaya sebesar Rp 11.000.005.740,00.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yossyafra, S.T.,M.Eng.Sc.,Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Jalan Tol, Detail Engineering Design, Audit Keselamatan Jalan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 06 Sep 2023 06:42
Last Modified: 06 Sep 2023 06:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212319

Actions (login required)

View Item View Item