ANALISIS PENDAPATAN USAHA PETERNAKAN AYAM RAS PETELUR (Studi Kasus: Usaha Peternakan M.T. Maryudi di Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung)

Zaputra, Rofi Naldo (2023) ANALISIS PENDAPATAN USAHA PETERNAKAN AYAM RAS PETELUR (Studi Kasus: Usaha Peternakan M.T. Maryudi di Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (591kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (350kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (332kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (341kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Tull Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek teknis dan pendapatan pada usaha peternakan ayam ras petelur M.T. Maryudi yang berlokasi di Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung. Penelitian dilakukan pada tangggal 10 September hingga 10 Oktober tahun 2022. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus. Data yang dikumpulkan pada penelitian untuk aspek teknis adalah bibit, pakan, kandang, Sistem pemeliharaan dan pencegahan penyakit. Sementara data yang dikumpulkan untuk aspek ekonomis meliputi: biaya produksi yang terdiri dari biaya tetap dan biaya varibael; penerimaan terdiri dari penjualan telur dan penjualan kotoran ayam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek teknis pada peternakan M.T. Maryudi berjalan dengan cukup baik karena peternakan M.T. Maryudi umunya telah mengikuti standar operasional yang ada. Sementara untuk salah satu dari aspek ekonomis, yaitu penerimaan dari peternakan M.T. Maryudi selama satu bulan penelitian berada pada jumlah Rp. 1.501.799.676 dan biaya yang dikeluarkan pada peternakan M.T. Maryudi adalah Rp. 1.095.524.611 dan untuk pendapatan yang diterima dalam satu bulan periode penelitian adalah sebesar Rp.406.275.065 Sementara untuk nilai R/C yang didapatkan oleh peternakan M.T. Maryudi selama satu bulan penelitian adalah 1,37 yang berarti usaha peternakan M.T. maryudi menguntungkan atau layak dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Elfi Rahmi, S. Pt. MP. Dr. M. Ikhsan Rias, SE. M.Si.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:50
Last Modified: 05 Sep 2023 07:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212174

Actions (login required)

View Item View Item