Kepentingan India Melalui Act East Policy di Kawasan Asia Tenggara

Delvina, Putri Ayu (2023) Kepentingan India Melalui Act East Policy di Kawasan Asia Tenggara. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (151kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (288kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi - Delvina Putri Ayu (1910852039).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Berakhirnya Perang Dingin membuat India berada dalam keadaan krisis sehingga pada tahun 1991 India mengeluarkan kebijakan Look East Policy. Kebijakan ini membawa India pada kemajuan negara yang cukup signifikan. Namun, politik internasional yang dinamis membawa India melakukan perubahan dalam kebijakan ini pada 2014 menjadi Act East Policy. Perbedaan dari kebijakan ini terletak pada jangkauan kawasan dan jangkauan bidang kerja sama. Meskipun demikian, India selalu menetapkan kawasan Asia Tenggara sebagai anchor dalam kebijakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kepentingan India dalam Act East Policy sebagai kebijakan luar negerinya di kawasan Asia Tenggara dengan menggunakan kerangka konseptual kepentingan nasional oleh Donald E. Nuechterlein. Penelitian ini membagi kepentingan nasional India ke dalam empat kebutuhan utama yaitu kepentingan pertahanan, ekonomi, tatanan dunia, dan ideologi dengan empat level intensitas kepentingan yaitu survival, major, vital dan peripheral. Teknik pengumpulan data dan analisis dilakukan dengan metode kualitatif serta pendekatan deskriptif analitis. Penelitian ini menemukan bahwa kepentingan nasional India di kawasan Asia Tenggara melalui Act East Policy adalah untuk menahan the rising China, membangun perekonomian di kawasan Timur Laut India melalui Asia Tenggara, mempertahankan stabilitas tatanan global, serta menyebarkan ideologi dan nilai yang dianut India.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Muhammad Yusra, S.IP, M.A
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Luar Negeri India, Act East Policy, Kepentingan Nasional, Asia Tenggara, Kawasan Timur Laut India.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:27
Last Modified: 05 Sep 2023 07:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212155

Actions (login required)

View Item View Item