STAGNASI PENDIDIKAN ANAK KELUARGA NELAYAN (Studi Kasus 5 Keluarga Nelayan di Desa Bagan Kuala Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara)

Abdurrahman, Zuhdi (2023) STAGNASI PENDIDIKAN ANAK KELUARGA NELAYAN (Studi Kasus 5 Keluarga Nelayan di Desa Bagan Kuala Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak ABDURRAHMAN ZUHDI_2120862012.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1 ABDURRAHMAN ZUHDI_2120862012.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 6)
BAB 6 ABDURRAHMAN ZUHDI_2120862012.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka ABDURRAHMAN ZUHDI_2120862012.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS_ABDURRAHMAN ZUHDI_2120862012.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Stagnasi Pendidikan di Desa Bagan Kuala masih menjadi permasalahan serius yang disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya adalah kurangnya komunikasi di dalam keluarga untuk mendorong anak-anak mereka untuk melanjutkan pendidikan. Pendidikan masih dianggap tidak memberi dampak yang signifikan dalam kehidupan keluarga nelayan. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis relasi kuasa dalam komunikasi keluarga nelayan pada kasus stagnasi pendidikan di Desa Bagan Kuala serta menganalisis kasus stagnasi pendidikan pada anak di Desa Bagan Kuala. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study) serta paradigma konstruktivisme dengan menggunakan Teori Skema Hubungan Keluarga sebagai referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya relasi kuasa yang terjadi pada keluarga nelayan dipegang oleh ayah sebagai pemegang kendali penuh dalam menentukan masa depan anak termasuk pendidikan melalui wacana-wacana yang dikeluarkan oleh orang tua (ayah). Kasus Stagnasi pada anak di Desa Bagan Kuala disebabkan oleh orang tua dan anak yang tidak memiliki kemauan dan kuat dalam melanjutkan pendidikan. Orang tua dengan latar belakang rata-rata pendidikan sekolah dasar menjadi salah satu faktor yang membuat orang tua beromindset bahwa pendidikan tidak begitu menjadi sebuah prioritas. Hal ini diperburuk dengan sikap anak yang juga tidak memiliki kemauan kuat dalam melanjutkan sekolah. Pada akhirnya anak-anak tersebut tidak mampu menyelesaikan pendidikan setara SMP dan bahkan ada yang tidak menyelesaikan pendidikan dasar. Hal ini berimplikasi pada masa depan anak yang lebih memilih untuk berkerja sebagai nelayan, buruh dan merantau ke Malaysia atau memilih untuk menikah.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Sarmiati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Keluarga, Stagnasi Pendidikan, Relasi Kuasa, Keluarga Nelayan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 04 Sep 2023 08:07
Last Modified: 04 Sep 2023 08:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212111

Actions (login required)

View Item View Item