HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN TERHADAP LUARAN PASIEN COVID-19 DENGAN KOMORBID KANKER DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Rhona, Nivolla (2023) HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN TERHADAP LUARAN PASIEN COVID-19 DENGAN KOMORBID KANKER DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Text (abstrak).pdf - Published Version

Download (686kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
BAB Penutup.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) rentan dialami oleh pasien kanker karena memiliki daya tahan tubuh yang rendah. Penelitian tentang hubungan karakteristik pasien terhadap luaran pasien COVID-19 dengan komorbid kanker belum banyak dilakukan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan karakteristik pasien terhadap luaran pasien COVID-19 dengan komorbid kanker di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Metode penelitian ini adalah kohort retrospektif dengan teknik pengambilan data adalah total sampling. Subjek penelitian ini adalah pasien rawat inap COVID-19 dengan komorbid kanker di RSUP Dr. M Djamil Padang. Sampel penelitian berjumlah 43 pasien dengan menggunakan data rekam medis pasien periode Maret 2020 – Desember 2022. Data dianalisis secara univariat dan bivariat (Chi-Square). Hasil penelitian menunjukkan karakteristik pasien COVID-19 dengan komorbid kanker dengan luaran meninggal terbanyak di RSUP Dr. M. Djamil Padang, yaitu perempuan (50,0%), usia di atas 60 tahun (60,0%), memiliki kanker darah (44,4%), memiliki derajat klinis COVID-19 sakit berat (60,0%), dan memiliki komorbid lainnya (72,7%). Uji statistik dengan Chi-Square menunjukkan terdapat hubungan bermakna antara karakteristik komorbid lainnya terhadap luaran pasien COVID-19 dengan komorbid kanker (p = 0,038). Tidak terdapat hubungan bermakna antara karakteristik jenis kelamin, usia, diagnosis kanker, dan derajat klinis COVID-19 terhadap luaran pasien COVID-19 dengan komorbid kanker. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan bermakna antara karakteristik komorbid lainnya terhadap luaran pasien COVID-19 dengan komorbid kanker.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Amirah Zatil Izzah
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Kanker, Karakteristik Pasien, Luaran Pasien, Jenis Kelamin, Usia, Diagnosis Kanker, Derajat Klinis COVID-19, Komorbid Lainnya.
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:07
Last Modified: 04 Sep 2023 07:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212087

Actions (login required)

View Item View Item