ANALISIS PERAN PENYULUH PERTANIAN DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PETANI DALAM RANGKA PENINGKATAN MUTU KOPI ARABIKA DI KABUPATEN KERINCI

ERIAN, EKA PRANATA (2023) ANALISIS PERAN PENYULUH PERTANIAN DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PETANI DALAM RANGKA PENINGKATAN MUTU KOPI ARABIKA DI KABUPATEN KERINCI. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (375kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text (Bab Penutup)
KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text (Tesis Full Teks)
TESIS ERIAN EKA PRANATA-1921662002 UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penyuluh pertanian memiliki peranan penting dalam peningkatan Kompetensi petani dalam rangka peningkatan mutu kopi arabika Di Kabupaten Kerinci. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis peran penyuluh pertanian dalam peningkatan kompetensi petani dalam rangka peningkatan mutu kopi arabika, dan (2) menganalisis kendala yang dihadapi oleh penyuluh dalam menjalankan perannya dalam meningkatkan kompetensi petani dalam rangka meningkatkan mutu kopi arabika di Kabupaten Kerinci. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix methods) yaitu penggabungan antara metode kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif digunakan untuk mengetahui peran penyuluh berdasarkan kuesioner yang dijawab langsung oleh petani sedangkan metode kualitatif digunakan wawancara mendalam dengan berbagai sumber informan. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwasanya peran penyuluh pertanian dalam peningkatan kompetensi petani dalam rangka peningkatan mutu kopi arabika secara keseluruhan dikategorikan baik. Untuk masing-masing komponen peran penyuluh yaitu meliputi peran penyuluh sebagai motivator, peran penyuluh sebagai edukator, peran penyuluh sebagai diseminator, peran penyuluh sebagai fasilitator, dan peran penyuluh sebagai organisator. Kendala yang dihadapi oleh penyuluh pertanian di Kabupaten Kerinci yaitu karakteristik wilayah, karakteristik masyarakat, dan karakteristik petani, penyuluh juga terkendala dari segi pengetahuan dan SDM penyuluh seperti terbatasnya media penyuluhan dalam menyampaikan materi, Kendala lainnya yang dirasakan penyuluh adalah terbatasnya jumlah penyuluh, selanjutnya Kendala yang dihadapi oleh penyuluh adalah kurangnnya partispasi petani untuk terlibat aktif dalam kegiatan penyuluhan. Melalui penelitian ini di sarankan: (1) penyuluh diharapkan dapat meningkatkan kemampuannya dalam mengakses informasi dan pasar, (2) Penyuluh disarankan lebih intensif dalam melakukan pendampingan dan pembinaan kepada petani dalam rangka meningkatkan mutu kopi arabika, (3) Untuk petani kopi arabika di Kabupaten Kerinci diharapkan memiliki sikap antusias dan partisifasi aktif dalam setiap kegiatan penyuluhan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Gunarif Taib, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kopi Arabika, Penyuluh Pertanian, Petani
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu penyuluhan
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:14
Last Modified: 04 Sep 2023 07:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212081

Actions (login required)

View Item View Item