PENGOLAHAN DAN PEMANFAATAN PUPUK ORGANIK CAIR BERBASIS LINDI TPA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG DAN KEDELAI PADA ULTISOL

Hasnelly, Hasnelly (2023) PENGOLAHAN DAN PEMANFAATAN PUPUK ORGANIK CAIR BERBASIS LINDI TPA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG DAN KEDELAI PADA ULTISOL. Doctoral thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text (Bab Akhir ( Penutup/ Kesimpulan))
Bab Akhir ( Penutup dan Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (406kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (779kB)
[img] Text (Disertasi Full)
Disertasi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

PENGOLAHAN DAN PEMANFAATAN PUPUK ORGANIK CAIR BERBASIS LINDI TPA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG DAN KEDELAI PADA ULTISOL Oleh : HASNELLY (1631612010) (Dibawah bimbingan: Dr. rer. nat. Ir. Syafrimen Yasin, MS, M.Sc., Dr. Ir. Agustian, dan Dr. Ir. Darmawan, M.Sc) Abstrak Lindi TPA merupakan cairan yang diperoleh dari proses perkolasi hujan melewati timbunan sampah. Lindi mengandung unsur hara baik makro maupun mikro yang bermanfaat bagi tanaman. Namun di dalam lindi juga terkandung logam berat yang berbahaya dan dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Maka untuk mengurangi reaksi logam berat dalam lindi, perlu ditambahkan amelioran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh cara terbaik dalam pengolahan lindi yang tersiakan dengan menggunakan biochar cangkang sawit dan mikroorganisme. Pengolahan ini dapat menghasilkan pupuk organik cair (POC) yang digunakan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tanaman jagung dan kedelai. Penelitian ini terdiri dari 3 tahap. Tahap I, pemanfaatan biochar dan mikroorganisme untuk memperbaiki kualitas lindi TPA sehingga dapat digunakan sebagai POC. Tahap II, potensi POC berbahan dasar lindi terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung dan kedelai di rumah kaca. Tahap III, kombinasi POC dan pupuk NPK terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung dan kedelai yang ditanam secara tumpangsari pada Ultisol. Hasil penelitian tahap I diperoleh takaran biochar cangkang sawit terbaik 80 g/liter air terhadap penurunan kandungan logam berat dan kemampuan mikroorganisme Azotobacter, Azospirillum, dan Bacillus sp dapat bertahan hidup sampai hari ke 14 serta mikrooganisme Pseudomonas flourescens dapat hidup sampai hari ke 9 dalam lindi TPA. Hasil Tahap II didapatkan konsentrasi POC 4%, merupakan konsentrasi terbaik untuk pertumbuhan tanaman jagung dan kedelai dengan aplikasi POC terbaik melalui tanah, baik pada tanaman jagung maupun kedelai. Hasil penelitian tahap III diperoleh kombinasi POC dan pupuk NPK untuk tanaman jagung terbaik pada perlakuan D (4% POC + 3/5 NPK) sedangkan untuk tanaman kedelai perlakuan terbaik yaitu 4% POC + 2/5 NPK (C) dengan Nilai Kesetaraan Lahan (NKL) terbaik pada perlakuan C (4% POC + 2/5 NPK).

Item Type: Thesis (Doctoral)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Syafrimen Yasin. MS. M. Sc
Uncontrolled Keywords: KaKata kunci: lindi TPA, pupuk organik cair, jagung, kedelai, Ultisol
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (S3)
Depositing User: S3 Ilmu-Ilmu Pertanian
Date Deposited: 05 Sep 2023 04:53
Last Modified: 05 Sep 2023 04:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212033

Actions (login required)

View Item View Item