PENGARUH PEMBERIAN PILL CARD TERHADAP KEPATUHAN DAN KADAR GULA DARAH PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI PUSKESMAS LUBUK BUAYA

Jihan, Syidda Aufa (2024) PENGARUH PEMBERIAN PILL CARD TERHADAP KEPATUHAN DAN KADAR GULA DARAH PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI PUSKESMAS LUBUK BUAYA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover+Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 13 September 2024.

Download (136kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 13 September 2024.

Download (70kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 September 2024.

Download (33kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 September 2024.

Download (162kB)
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI_SARJANA_FARMASI_jihan_FIX_with_watermark_&_number_page.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 13 September 2024.

Download (3MB)

Abstract

Ketidakmampuan tubuh untuk menghasilkan dan memanfaatkan insulin secara efektif dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang dikenal dengan diabetes melitus tipe 2. Prevalensi diabetes melitus tipe 2 di Kota Padang pada tahun 2018 mencapai 1,79%. Kepatuhan pasien dalam mengonsumsi obat merupakan aspek penting dalam pengelolaan terapi diabetes melitus. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pemberian Pill Card terhadap tingkat kepatuhan pasien diabetes melitus tipe 2 dalam mengonsumsi obat, serta pengaruhnya terhadap kadar gula darah pasien. Digunakan dua metode pengukuran kepatuhan yaitu kuesioner Medication Adherence Report Scale-5 (MARS-5) dan Pill Count. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design, dilaksanakan di Puskesmas Lubuk Buaya, Kota Padang pengambilan data dimulai dari bulan Februari hingga Maret 2023. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel terdiri dari 195 responden program pengelolaan penyakit kronis (Prolanis) diabetes melitus tipe 2 di Puskesmas Lubuk Buaya, Kota Padang. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara tingkat kepatuhan responden sebelum dan setelah diberikan intervensi Pill Card, baik melalui kuesioner MARS-5 maupun metode Pill Count dengan p-value <0,001. Hasil analisis pada kadar gula darah puasa juga menunjukkan perbedaan yang signifikan antara sebelum dan setelah pemberian intervensi Pill Card dengan p-value <0,001. Kesimpulannya, pemberian Pill Card dapat meningkatkan kepatuhan dalam mengonsumsi obat, dan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kontrol kadar gula darah puasa responden.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: S1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 14 Sep 2023 04:06
Last Modified: 14 Sep 2023 04:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212016

Actions (login required)

View Item View Item