ISOLASI DAN IDENTIFIKASI MOLEKULER BAKTERI PENGHASIL BIOPLASTIK POLI (3-HIDROKSIBUTIRAT) DARI SAMPEL IKAN KEMBUNG (Rastrelliger sp.) DAN IKAN KAKAP MERAH (Lutjanus sp.), FERMENTASI DAN PENENTUAN KANDUNGAN POLIMERNYA DENGAN KROMATOGRAFI GAS

Inayati, Rahmi (2023) ISOLASI DAN IDENTIFIKASI MOLEKULER BAKTERI PENGHASIL BIOPLASTIK POLI (3-HIDROKSIBUTIRAT) DARI SAMPEL IKAN KEMBUNG (Rastrelliger sp.) DAN IKAN KAKAP MERAH (Lutjanus sp.), FERMENTASI DAN PENENTUAN KANDUNGAN POLIMERNYA DENGAN KROMATOGRAFI GAS. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (71kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (98kB)
[img] Text (Kesimpulan dan Saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (37kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Bioplastik P(3HB) merupakan plastik yang dapat diuraikan oleh mikroorganisme pengurai. P(3HB) dapat diproduksi oleh bakteri dalam keadaan rendah nutrisi dan tinggi sumber karbon yang diakumulasikan di dalam sel sebagai cadangan energi. Isolasi bakteri penghasil bioplastik P(3HB) dilakukan pada insang dan usus ikan yang memungkinkan kontak langsung dengan perairan yang tercemar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui potensi bakteri penghasil bioplastik P(3HB) yang diisolasi dari ikan dan penentuan kandungan polimernya. Tahapan penelitian yang dilakukan yaitu isolasi dan skrining bakteri penghasil bioplastik P(3HB), identifikasi bakteri dan identifikasi molekuler bakteri penghasil P(3HB), fermentasi dan penentuan kandungan P(3HB) dengan uji GC-MS. Hasil isolasi mendapatkan 17 isolat bakteri. Skrining P(3HB) didapatkan 3 bakteri yang berpendar jingga yaitu IKE-1, UKA-2, dan IKA-4. Identifikasi bakteri secara molekuler dengan mengunakan 16S rRNA bahwa isolat IKE-1, UKA-2, dan IKA-4 memiliki kemiripan dengan Enterobacter roggerkampii, Enterobacter cloacae, dan Bacillus sp. Pengujian kandungan P(3HB) dengan menggunakan kromatografi gas hanya ditemukan pada dua bakteri yang memiliki kandungan P(3HB) di dalam biomassa keringnya pada isolat UKA-2 bakteri Enterobacter cloacae dengan nilai kandungan 0,278 mg/20 mg (1,39%) dan isolat IKA-4 bakteri Bacillus sp. dengan nilai kandungan 15,33 mg/20 mg (78%).

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. apt. Akmal Djamaan, MS
Uncontrolled Keywords: GC-MS, Nile Blue A, P(3HB), Skrining, 16S rRNA
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 bioteknologi bioteknologi
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:43
Last Modified: 04 Sep 2023 03:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/211905

Actions (login required)

View Item View Item