PENGARUH PENGGUNAAN PRODUK FERMENTASI DAUN INDIGOFERA (Indigofera zollingeriana) DENGAN Bacillus amyloliquefaciens DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA PRODUKSI AYAM BROILER

Wilna, Wati (2023) PENGARUH PENGGUNAAN PRODUK FERMENTASI DAUN INDIGOFERA (Indigofera zollingeriana) DENGAN Bacillus amyloliquefaciens DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA PRODUKSI AYAM BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (116kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (104kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL WILNA WATI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian dilakukan untuk mengetahui level penggunaan Daun Indigofera Ampas Tahu Fermentasi (DIATF) dengan Bacillus amyloliquefaciens dalam ransum ayam broiler. Digunakan 80 ekor DOC broiler New Lohmann (MB-202 Platinum) dan diberi ransum perlakuan selama 5 minggu pemeliharaan. Bahan pakan yang digunakan jagung giling, bungkil kedelai, DIATF (Daun Indigofera Ampas Tahu Fermentatif), dedak halus, bungkil kelapa, minyak kelapa, tepung ikan dan top mix. Ransum disusun dengan isoprotein 22% dan isoenergi 3000 kkal/kg. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan ransum dan 4 kali ulangan. Perlakukan terdiri dari R0 (kontrol, tanpa penggunaan DIATF), R1 (menggunakan 5% DIATF), R2 (menggunakan 10% DIATF), R3 (menggunakan 15% DIATF), R4 (menggunakan 20% DIATF). Peubah yang diamati adalah konsumsi ransum, pertambahan bobot badan dan konversi ransum. Hasil penelitian dan analisis ragam menunjukan bahwa perlakuan memberikan pengaruh berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap konsumsi ransum dan pertambahan bobot badan serta memberikan pengaruh berbeda nyata (P<0,05) terhadap konversi ransum. Kesimpulan dari penelitian ini adalah daun Indigofera dan ampas tahu yang difermentasikan dengan inokulum Bacillus amyloliquefaciens dapat digunakan sampai level 15% dalam ransum dan dapat mempertahankan performa broiler. Pada kondisi ini diperoleh konsumsi ransum 600,83 g/ekor/minggu, pertambahan bobot badan 304,51 g/ekor/minggu dan konversi ransum 1,98. Kata kunci : Indigofera zollingeriana, DIATF, fermentasi, performa, broiler.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 05 Sep 2023 04:39
Last Modified: 05 Sep 2023 04:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/211890

Actions (login required)

View Item View Item