Pengaruh Pembatasan Pakan pada Entok Jantan yang Dilanjutkan Pemulihan terhadap Intake Protein, Intake Energi dan Karkas

Oktaviani, Iftian (2023) Pengaruh Pembatasan Pakan pada Entok Jantan yang Dilanjutkan Pemulihan terhadap Intake Protein, Intake Energi dan Karkas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (392kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (490kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V (KESIMPULAN DAN SARAN).pdf - Published Version

Download (62kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (476kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
Skripsi Full Iftian Oktaviani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembatasan pakan pada entok jantan yang dilanjutkan dengan pemulihan terhadap intake protein, intake energi dan karkas. Penelitian ini menggunakan 60 ekor DOD (Day Old Duck) entok jantan dan penelitian dimulai pada umur 2 sampai 10 minggu. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen, dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 5 kelompok, setiap unit kelompok terdiri dari 3 ekor entok jantan. Perlakuan dalam penelitian ini terdiri dari A (pakan ad libitum), B (pembatasan pakan 15%), C (pembatasan pakan 30%) dan D (pembatasan pakan 45%) pada umur 2 – 5 minggu (3 minggu). Setelah itu, dilanjutkan dengan pemulihan pakan secara ad libitum selama 5 minggu (umur 5 – 10 minggu). Parameter yang diamati adalah intake protein, intake energi dan karkas. Data dianalisis menggunakan analisis keragaman dan apabila terdapat hasil yang signifikan dilakukan uji lanjut Duncan’s Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembatasan pakan selama 3 minggu memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap rendahnya intake protein, intake energi dan bobot karkas, namun tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap persentase karkas entok jantan. Pemberian pakan secara ad libitum pada masa pemulihan sampai akhir penelitian memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) meningkatkan intake protein dan intake energi, memberikan pengaruh nyata (P<0,05) terhadap bobot karkas namun tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap persentase karkas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian pakan ad libitum setelah dilakukan pembatasan pakan 30% selama 3 minggu memberikan hasil yang terbaik pada bobot karkas entok jantan yaitu 1.320,80 g/ekor dengan persentase karkas 60,37%, intake protein 160,04 g/ekor/minggu dan intake energi 2.974,22 kkal/kg/ekor/minggu. Kata Kunci : Entok, Pembatasan Pakan, Pemulihan, Intake Protein, Intake Energi, Karkas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:47
Last Modified: 04 Sep 2023 04:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/211719

Actions (login required)

View Item View Item