PENGARUH PEMBERIAN BEBERAPA DOSIS SOLID DECANTER DAN UREA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAHE GAJAH (Zingiber officinale Rosc.) PADA PANEN MUDA

Rizki Nia, Sukri Nasution (2023) PENGARUH PEMBERIAN BEBERAPA DOSIS SOLID DECANTER DAN UREA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAHE GAJAH (Zingiber officinale Rosc.) PADA PANEN MUDA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (106kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (76kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (281kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tanaman jahe digunakan sebagai bumbu masakan dan masih sangat diminati. Penanaman jahe dapat dilakukan untuk dipanen muda dimanfaatkan sebagai bumbu masakan dan asinan. Pengembangan jahe dapat dilakukan dengan memanfaatkan lahan Ultisol. Penelitian ini bertujuan mendapatkan interaksi serta dosis terbaik Solid decanter dan Urea. Penelitian ini telah dilaksanakan di desa Koto Tuo kelurahan Lambung Bukik, pada bulan Desember 2022 sampai April 2023. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap Faktorial. Faktor pertama terdiri dari 3 perlakuan yaitu 5 ton/ha,10 ton/ha dan 15 ton/ha, sedangkan faktor kedua terdiri dari 3 perlakuan yaitu 150 kg/ha, 300 kg/ha dan 450 kg/ha, dengan masing-masing 3 ulangan. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji F pada tingkat signifikansi 5%. Jika nilai F hitung lebih besar dibandingkan dengan nilai F tabel 5%, maka dilanjutkan dengan uji Duncan's New Multiple Range Test (DNMRT) pada tingkat signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemberian Solid decanter sebanyak 10 ton/ha dan Urea sebanyak 300 kg/ha memberikan interaksi terbaik terhadap parameter tinggi tanaman dan jumlah daun tanaman jahe gajah. Pemberian Solid Decanter 10 ton/ha dan Urea 300 kg/ha memiliki pengaruh terbaik terhadap jumlah anakan, diameter batang, klorofil total, dan bobot segar rimpang tanaman jahe gajah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr.Ir.Warnita, MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 04 Sep 2023 05:05
Last Modified: 04 Sep 2023 05:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/211646

Actions (login required)

View Item View Item