HUBUNGAN MEKANISME KOPING DENGAN KECEMASAN PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISA DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Nada, Dwi Ranita (2023) HUBUNGAN MEKANISME KOPING DENGAN KECEMASAN PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISA DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (396kB)
[img] Text (BAB VII (Penutup))
BAB VII (Penutup).pdf - Published Version

Download (267kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (399kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

HUBUNGAN MEKANISME KOPING DENGAN KECEMASAN PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISA DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG ABSTRAK Pasien penyakit ginjal kronik yang menjalani hemodialisa sering mengalami kecemasan. Respon yang dilakukan oleh pasien dalam menghadapi kecemasan berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, dapat menggunakan mekanisme koping adaptif maupun mekanisme koping maladaptif. Perbedaan kemampuan inilah yang berpengaruh terhadap perbedaan tingkat kecemasan yang dialami oleh pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara mekanisme koping dengan kecemasan pasien penyakit ginjal kronik yang menjalani hemodialisa di RSUP Dr M Djamil Padang. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Analisis yang digunakan adalah Korelasi Spearman. Sampel pada penelitian sebanyak 134 responden dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, nilai median mekanisme koping yaitu 58.00 yang menandakan mekanisme koping pasien maladaptif sedangkan untuk kecemasan nilai mediannya yaitu 62.00 yang menandakan kecemasan pasien berada pada tingkat sedang. Analisa bivariat terdapat hubungan signifikan antara mekanisme koping dengan kecemasan pada pasien yang menjalani hemodialisa dengan kekuatan korelasi sedang dan arah hubungan yang negatif (p value= 0,000 dan r= -0,506) yang artinya semakin rendah mekanisme koping maka semakin tinggi kecemasan yang dirasakan oleh pasien hemodialisa tersebut. Perlu dilakukan penurunan mekanisme koping maladaptif pada pasien dengan cara mengurangi penggunaan alkohol/obat-obatan terlarang, jangan menyerah terhadap masalah yang dihadapi dan mengurangi memperoleh dukungan emosional dari orang lain. Kata Kunci : Hemodialisa, Mekanisme Koping, Kecemasan Daftar Pustaka : 75 (1997-2023)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 31 Aug 2023 09:57
Last Modified: 31 Aug 2023 09:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/211549

Actions (login required)

View Item View Item