PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG KACANG KEDELAI (Glicyne max L) TERHADAP KARAKTERISTIK MI KERING BERBAHAN DASAR TEPUNG TERIGU DAN TEPUNG UBI JALAR UNGU (Ipomoea batatas var Ayumurasaki)

Sri, Wahyuni Febriani (2023) PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG KACANG KEDELAI (Glicyne max L) TERHADAP KARAKTERISTIK MI KERING BERBAHAN DASAR TEPUNG TERIGU DAN TEPUNG UBI JALAR UNGU (Ipomoea batatas var Ayumurasaki). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Sri Wahyuni Febriani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (415kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (280kB)
[img] Text (Kesimpulan Dan Saran)
BAB V Kesimpulan Dan Saran.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text (Cover Dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (531kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penambahan tepung kacang kedelai terhadap karakteristik mi kering dengan bahan dasar tepung terigu dan tepung ubi jalar ungu serta untuk mengetahui penambahan tepung kacang kedelai terbaik berdasarkan uji organoleptik dan kimia. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan pada penelitian ini adalah penambahan tepung kacang kedelai 0%, 15%, 20%, 25%, dan 30%. Data penelitian dianalisis secara statistik menggunakan ANOVA dan dilanjutkan dengan analisis Duncan’s New Multiple Range Test (DNMR) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tepung kacang kedelai berpengaruh nyata terhadap nilai kadar air, kadar abu, kadar protein, kadar lemak, kadar karbohidrat, aktivitas antioksidan, total fenolik dan organoleptik (rasa). Tetapi berpengaruh tidak nyata terhadap organoleptik (warna, aroma dan tekstur). Perlakuan terbaik mi kering berbahan dasar tepung terigu dan tepung ubi jalar ungu dengan penambahan tepung kacang kedelai diperoleh pada perlakuan B (penambahan tepung kacang kedelai 15%) dengan skor warna 3,36 (suka), aroma 3,26 (suka), tekstur 3,30 (suka) dan rasa 3,43 (suka) dengan hasil analisis kadar air (10,12%), kadar abu (1,21%), kadar protein (10,72%), kadar karbohidrat (73,11%), aktivitas antioksidan (52,87%), dan total fenolik (24,59%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Tuty Anggraini, S.TP, M.P, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci – mi kering, tepung ubi jalar ungu, tepung kedelai, karakteristik.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:51
Last Modified: 31 Aug 2023 03:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/211472

Actions (login required)

View Item View Item