Solidaritas Sosial Dalam Tradisi Bakaua Pada Masyarakat Sumpur Kudus (Studi Kasus Nagari Sumpur Kudus, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat)

Nadila, Eka Putri (2023) Solidaritas Sosial Dalam Tradisi Bakaua Pada Masyarakat Sumpur Kudus (Studi Kasus Nagari Sumpur Kudus, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (563kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (187kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (395kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak Nadila Eka Putri. 1910821014. SOLIDARITAS SOSIAL DALAM TRADISI BAKAUA PADA MASYARAKAT SUMPUR KUDUS (Studi Kasus : Nagari Sumpur Kudus, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatra Barat). Tradisi Bakaua adalah upacara yang dilakukan setiap selesai panen padi. Bakaua dapat diartikan sebagai suatu perkumpulan, kebersamaan, yang dilakukan masyarakat pada dahulunya. Tradisi Bakaua yang ada di nagari Sumpur Kudus memiliki tujuan sebagai bentuk wujud rasa syukur masyarakat terkait hasil panen yang diberikan Allah SWT., kepada masyarakat setiap tahunnya. Tradisi Bakaua diselenggarakan dua kali dalam setahun. Permasalahan penelitian yaitu: kebertahanan tradisi Bakaua ditengah-tengah perkembangan zaman serta pengaruh tradisi Bakaua dalam kehidupan sosial masyarkat dan solidaritas sosial yang dibentuk dalam tradisi Bakaua. Tujuan dari penelitian ini ingin medeskripsikan pelaksanaan tradisi Bakaua pada masyarakat Sumpur Kudus, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung serta menganalisis solidaritas sosial dalam tradisi Bakaua pada masyarakat Sumpur Kudus, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi patisipatif, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Pada pemilihan informan menggunakan teknik pusrposive sampling. Dengan menggunakan konsep solidaritas sosial, tradisi, dan kebudayaan. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini bahwa dalam pelaksanaan tradisi Bakaua masyarakat akan memakai pakaian persukuannya masing-masing pada saat upacara tradisi Bakaua dilakukan. Kaum laki-laki akan memakai baju penghulunya sedangkan perempuan akan memakai baju kuruang yang memiliki warna yang berbeda-beda diantara persukuan yang ada di nagari Sumpur Kudus. Ada berbagai rangkaian upacara tradisi Bakaua mulai dari pelaksanaan tradisi Bakaua yaitu penentuan hari tradisi Bakaua, tempat pelaksanaan tradisi Bakaua, aktor-aktor yang terlibat dalam tradisi Bakaua, dan biaya dalam pelaksanaan tradisi Bakaua. Setelah pelaksanaan, barulah prosesi upacara tradisi Bakaua diantaranya yaitu mempersiapkan dan membersihkan tempat tradisi Bakaua, mengatur tempat duduk, berdoa dan membaca tahlil, dan terkahir makan bersama. Selain itu, tradisi Bakaua juga berpengaruh dalam aspek kehidupan sosial masyarakat, berbagai aspek yang dipengaruhi yaitu aspek sosial, ekonomi atau mata pencaharian, agama, dan budaya. Dalam mempengaruhi aspek kehidupan sosial, tradisi Bakaua membentuk nilai-nilai solidaritas sosial masyarakat yaitu nilai kepercayaan, sentimen sosial, kerjasama, kesepakatan, dan kebersamaan masyarakat. Kata Kunci : Kebudayaan, Tradisi Bakaua, Solidaritas Sosial

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: S1 Antropologi Sosial
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:05
Last Modified: 31 Aug 2023 04:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/211446

Actions (login required)

View Item View Item