PENGARUH PEMBERIAN KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR YOMARI GOLDEN ORGANIC (YGO) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.)

Ony, Tri Wahyuni (2023) PENGARUH PEMBERIAN KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR YOMARI GOLDEN ORGANIC (YGO) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover + Abstrak)
Skripsi (Cover + Abstrak).pdf - Published Version

Download (461kB)
[img] Text (BAB I. Pendahuluan)
Skripsi (BAB 1. PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text (BAB V. Penutup)
Skripsi (BAB V. PENUTUP).pdf - Published Version

Download (296kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Skripsi (Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi (Full Teks).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mentimun (Cucumis sativus L.) merupakan komoditas hortikultura yang cukup digemari masyarakat dan meningkat kebutuhannya sejalan dengan peningkatan jumlah penduduk. Pemberian pupuk yang sesuai merupakan salah satu input eksternal yang penting untuk meningkatkan produktivitas mentimun. Penggunaan pupuk kimia yang mahal sering tidak sepadan dengan harga jual mentimun yang tergolong rendah. Alternatif yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan pupuk organik, salah satunya pupuk organik cair (POC) Yomari Golden Organic. POC YGO merupakan POC komersial yang menerapkan teknologi nano agar nutrisinya bisa diserap oleh tanaman secara instan. Akan tetapi, belum ada konsentrasi spesifik dari POC ini untuk tanaman mentimun. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi POC YGO yang tepat untuk tanaman mentimun. Percobaan disusun berdasarkan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 5 taraf konsentrasi POC YGO (0,00%; 0,02%; 0,04%; 0,06%; dan 0,08%) dan 3 ulangan. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik menggunakan uji F. Jika F hitung lebih besar dari F tabel maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) dengan taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian konsentrasi POC YGO memberikan hasil yang baik terhadap panjang tanaman mentimun dibandingkan dengan yang tidak diberikan POC YGO. Konsentrasi POC YGO 0,04% memberikan pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun terbaik, yaitu dengan jumlah bunga jantan (19,17) dan betina (6,67), dan diameter buah (4,76 cm).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Muhsanati, MS Dr. Ir. Benni Satria, MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:54
Last Modified: 31 Aug 2023 04:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/211425

Actions (login required)

View Item View Item