PEMANFAATAN EKSTRAK LIGNIN DARI LIMBAH KAYU MERANTI (Shorea spp.) SEBAGAI INHIBITOR KOROSI BAJA LUNAK DALAM MEDIUM ASAM KLORIDA

Khorenzo, Jessenia Rahma (2023) PEMANFAATAN EKSTRAK LIGNIN DARI LIMBAH KAYU MERANTI (Shorea spp.) SEBAGAI INHIBITOR KOROSI BAJA LUNAK DALAM MEDIUM ASAM KLORIDA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak dan Cover)
Abstrak dan Cover.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text (Pendahuluan)
Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text (Kesimpulan dan Saran)
Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (191kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ekstrak Lignin dari limbah kayu meranti (Shorea spp.) dalam larutan asam klorida (HCl) 1 M diuji keefektifannya sebagai inhibitor korosi dengan metode kehilangan berat, spektroskopi Fourier Transform Infrared (FTIR), spektroskopi Ultraviolet-Visible (UV-Vis), mikroskop optik, dan pengukuran sudut kontak. Berdasarkan metode kehilangan berat, laju korosi baja lunak berbanding lurus dengan suhu dan berbanding terbalik dengan konsentrasi lignin dari limbah kayu meranti. Efisiensi inhibisi berbanding lurus dengan suhu dan konsentrasi lignin dari ekstrak limbah kayu meranti. Nilai efisiensi inhibisi tertinggi adalah 90,408% dengan penambahan ekstrak 10 g/L pada suhu 60oC. Pemodelan isoterm adsorpsi dari ekstrak lignin limbah kayu meranti mengikuti model isoterm adsorpsi Langmuir. Parameter termodinamika seperti energi Gibbs (ΔG), entalpi (∆H), entropi (∆S), dan energi aktivasi dihitung untuk mengetahui mekanisme inhibisi korosi. Analisis spektroskopi FTIR dan UV-Vis menunjukkan adanya interaksi antara ekstrak lignin dengan permukaan baja lunak. Analisis mikroskop optik memperlihatkan bahwa penambahan ekstrak lignin dapat mengurangi kerusakan akibat korosi dengan membentuk lapisan pelindung pada permukaan baja lunak. Pengukuran sudut kontak menampilkan bahwa penambahan ekstrak lignin dari limbah kayu meranti meningkatkan sifat hidrofobisitas permukaan baja lunak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:20
Last Modified: 31 Aug 2023 03:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/211421

Actions (login required)

View Item View Item