Parasian, Oscar Martua (2023) Penggunaan Kapur Rao-Rao Sebagai Filler Terhadap Perkerasan Asphalt Concrete – Wearing Course (AC-WC). Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (176kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (82kB) |
|
Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
BAB 5 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version Download (24kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (67kB) |
|
Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Peningkatan kebutuhan transportasi di zaman modern seperti saat ini, sejalan dengan peningkatan arus mobilitas penduduk. Arus mobilitas barang dan jasa dalam perekonomian sangat tergantung dari ketersediaan infrastruktur jalan. Kualitas jalan dipengaruhi oleh kemampuan jalan untuk mencapai umur desain. Teknologi dan pencapaian yang baru dalam memahami perilaku bahan telah memungkinkan para peneliti untuk mempelajari efek dari modifikasi material yang berbeda pada campuran aspal. Filler adalah salah satu komponen dalam campuran yang mempunyai peranan besar, prosentase kadar filler yang kecil terhadap campuran tidak berarti filler tidak mempunyai efek yang besar pada sifat-sifat Marshall yang juga merupakan kinerja campuran terhadap beban lalu lintas. Salah satu bahan pengisi (filler) pada campuran yang umumnya digunakan adalah kapur. Kapur dalam campuran aspal panas menciptakan banyak manfaat diantaranya adalah bertindak sebagai anti stripping agent yang dapat meningkatkan durabilitas atau keawetan kinerja campuran aspal dalam menerima repetisi beban lalu-lintas. Kapur rao-rao merupakan kapur yang dapat ditemukan pada bukit Tui, kelurahan Koto Panjang, kecamatan Padang Panjang Timur, kota Padang Panjang. Pada penelitian kali ini, akan diketahui pengaruh penggunaan kapur rao-rao sebagai bahan pengisi terhadap perkerasan Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC). Pengujian dilakukan dengan melihat karakteristik marshall pada campuran perkerasan. Pengujian dilakukan menggunakan variasi kapur 0%, 25%, 50%, 75%,100% terhadap berat filler abu batu. Hasil penelitian didapatkan kadar kapur optimum sebesar 34% terhadap berat filler. Nilai-nilai parameter Marshall yang didapatkan pada kadar kapur optimum yaitu, nilai stabilitas 1486,236 kg, kelelehan 3,927 mm, Void Filled with Bitumen (VFB) 80,514%, Void in Mixture (VIM) 3,438%, Void in Mineral Agregat (VMA) 17,297%, dan Marshall Quotient (MQ) 381,913 kg/mm.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Prof. ELSA EKA PUTRI, S.T., M,Sc(Eng), Ph.D |
Uncontrolled Keywords: | Marshall Test, Asphalt Concrete - Wearing Course, Filler, Kapur. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Sipil |
Depositing User: | s1 Teknik Sipil |
Date Deposited: | 01 Sep 2023 04:26 |
Last Modified: | 01 Sep 2023 04:26 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/211339 |
Actions (login required)
View Item |