Pengaruh Pemasangan Pembatas Jalan terhadap Arus Lalu Lintas di Simpang Anduring Kota Padang

Mutiara, Adilla (2023) Pengaruh Pemasangan Pembatas Jalan terhadap Arus Lalu Lintas di Simpang Anduring Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Teks (Sampul dan Abstrak).pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Teks (Bab 1 Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
Teks (Bab 5 Penutup).pdf - Published Version

Download (412kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Teks (Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (480kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Text (Skripsi FullText ).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Simpang Anduring merupakan persimpangan yang menghubungkan Jalan Dr. Moh. Hatta - Jalan Andalas - Jalan M. Yunus. Terdapat perbedaan yang terjadi pada aktivitas di persimpangan ini, salah satu contohnya adalah sebelum dan sesudah pemasangan pembatas jalan. Penelitian langsung dilakukan di Simpang Anduring melalui pengamatan video udara dan traffic counter untuk mendapatkan data volume, kecepatan dan jumlah pengguna U-turn untuk melihat pengaruh penambahan pembatas jalan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, volume kendaraan di Simpang Anduring mencapai 27.873 kend/jam, dimana jam puncak terjadi di jam 06.30 – 07.30 WIB dan 16.30 – 17.30 WIB. Kecepatan rerata yang ada di Simpang Anduring berdasarkan Jam Puncak sebesar 22,78 km/jam. Berdasarkan perbandingan antara sebelum dan setelah pemasangan pembatas jalan selama 15 menit tepatnya di jam 10.00 dan 17.00 WIB, terdapat peningkatan volume sebesar 5 kendaraan di jam 10.00 - 10.15 WIB dan 456 kendaraan di jam 17.00 -17.15 WIB. Peningkatan juga terjadi di kecepatan kendaraan sebesar 0,72 km/jam di jam 10.00 - 10.15 WIB dan 1,37 km/jam di jam 17.00 -17.15 WIB, setelah dilakukan pengujian signifikan (uji t) terbukti adanya pengaruh pemasangan pembatas jalan terhadap volume kendaraan tepatnya pada arah 2 dan arah 4, kecepatan kendaraan pada arah 1 di jam 10.00 - 10.15 WIB, pada Arah 3 di jam 10.00 - 10.15 WIB terjadi perubahan signifikan yang disebabkan oleh faktor hambatan samping seperti angkutan umum yang berhenti di kaki simpang, sehingga kecepatan pada Arah 3 mengalami penurunan, pengaruh pemasangan pembatas jalan juga terjadi di U-turn 1 . Kata Kunci : Simpang Anduring, Pengaruh, volume, kecepatan, pemasangan pembatas jalan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Hendra Gunawan, M.T Ir. Titi Kurniati, M.T
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 29 Aug 2023 09:48
Last Modified: 29 Aug 2023 09:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/211253

Actions (login required)

View Item View Item