analisis daya saing dan dampak kebijakan pemerintah terhadap usaha sapi perah (kasus di kota padang panjang)

ilmi, mardia (2023) analisis daya saing dan dampak kebijakan pemerintah terhadap usaha sapi perah (kasus di kota padang panjang). Diploma thesis, universitas andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover abstrak.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text (bab 1)
I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text (bab v)
KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text (full skripsi)
skripsi full new item.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ANALISIS DAYA SAING DAN DAMPAK KEBIJAKAN PEMERINTAH TERHADAP USAHA TERNAK SAPI PERAH DI KOTA PADANG PANJANG Ilmi Rosnita Mardia, dibawah bimbingan Dr. Ir. Hj. Dwi Yuzaria, SE, M.Si dan Dr. M. Ikhsan Rias, SE, M.Si Departemen Pembangunan dan Bisnis Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas, 2023 ABSTRAK Penelitian ini digunakan untuk menganalisis keuntungan privat dan keuntungan sosial, menganalisis daya saing keunggulan kompetitif dan komparatif, dan menganalisis dampak kebijakan pemerintah terhadap usaha ternak sapi perah di Kota Padang Panjang. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey sebanyak 26 responden peternak. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Policy Analysis Matriks (PAM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha ternak sapi perah di Kota Padang Panjang menguntungkan dilihat dari keuntungan privat sebesar Rp. 9.915.990.000 dan secara sosial sebesar Rp.9.905.377.050, usaha ternak sapi perah di Kota Padang Panjang mempunyai daya saing yang dilihat dari keunggulan kompetitif berdasarkan nilai PCR < 1 dan keunggulan komparatif berdasarkan nilai DRCR < 1, dan pengaruh kebijakan pemerintah terhadap input nilai nilai usaha susu ternak sapi perah di Kota Padang Panjang menyebabkan peternak membayar harga input lebih tinggi dibanding harga sosialnya, karna pemerintah menaikkan harga input tradable di pasar domestik diatas harga efisiennya. Kata Kunci: Sapi perah, keunggulan kompetitif, keunggulan komparatif, policy analysis matriks (PAM).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: 1. Dr.Ir. Dwi Yuzaria SE, M,Si 2. Dr. Ir. M. Ikhsan Rias SE, M.Si
Uncontrolled Keywords: kata kunci : Sapi perah, keunggulan kompetitif, keunggulan komparatif, policy analysis matriks (PAM).
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:14
Last Modified: 29 Aug 2023 07:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/211209

Actions (login required)

View Item View Item