EFEK NEUROPROTEKTIF UMBI TALAS MENTAWAI (Colocasia esculenta; Araceae) TERHADAP MENCIT YANG DIBERI PAKAN BERLEMAK TINGGI

FAJRI, RAMADHAN MARVIANO (2023) EFEK NEUROPROTEKTIF UMBI TALAS MENTAWAI (Colocasia esculenta; Araceae) TERHADAP MENCIT YANG DIBERI PAKAN BERLEMAK TINGGI. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Cover dan Abstrak Skripsi)
Cover dan Abstrak Skripsi.pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (351kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (460kB)
[img] Text (Skripsi Full Text_Fajri Ramadhan Marviano)
Skripsi Full Text_Fajri Ramadhan Marviano.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Neurodegenerasi merupakan penyakit yang mengakibatkan degenerasi dan kematian pada sel saraf di otak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap khasiat umbi talas mentawai (Colocasia esculenta L.) sebagai sediaan pangan yang dapat memproteksi kerusakan sel saraf di otak akibat neurodegenerasi yang disebabkan oleh konsumsi makanan berlemak tinggi melalui analisis perilaku neurokognitif dan kadar malondialdehida (MDA) otak. Pengkondisian neurodegenerasi pada hewan uji dengan cara memberikan pakan berlemak tinggi (PBT) pada kelompok perlakuan dan mencampurkan pakan berlemak tinggi dengan sediaan tepung, serat dan pati talas mentawai pada kelompok perlakuan lainnya. Selanjutnya tes neurobehavioral dilakukan untuk mengevaluasi kecerdasan mencit meliputi uji kecerdesan memori dengan Hebb-William Maze Test, uji keingintahuan dengan Hole Board Test, dan uji pengenalan objek baru dengan Novel Object Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sediaan serat yang diikuti dengan tepung dan pati memiliki efek neuroprotektif dalam mencegah penurunan kecerdasan pada mencit yang diberi pakan berlemak tinggi (PBT). Selain itu, sediaan talas mentawai juga mendukung aktivitas antioksidan endogen dan mencegah persentase kerusakan sel di otak. Dari data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sediaan tepung, serat dan pati talas mentawai dapat mencegah neurodegenerasi dan gangguan kognitif pada hewan uji yang diberi pakan berlemak tinggi (PBT).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Putra Santoso
Uncontrolled Keywords: Colocasia esculenta L., Kognitif, Neurodegenerasi, Pakan Berlemak Tinggi (PBT), Test Neurobehavioral.
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:08
Last Modified: 29 Aug 2023 07:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/211101

Actions (login required)

View Item View Item