Pembuatan Ekstrak Tanaman Terfermentasi dari Kulit Buah dan Sayur, Analisis Unsur Hara serta Aplikasinya terhadap Kangkung Hidroponik

Gusriani, Fatma (2023) Pembuatan Ekstrak Tanaman Terfermentasi dari Kulit Buah dan Sayur, Analisis Unsur Hara serta Aplikasinya terhadap Kangkung Hidroponik. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
cover+abstrak.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text (Penutup)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (80kB)
[img] Text (Dapus)
dapus.pdf - Published Version

Download (157kB)
[img] Text (Skripsi full)
full skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ekstrak tanaman terfermentasi (ETT) adalah salah satu jenis pupuk organik cair yang dihasilkan dari limbah kulit buah dan sayur. Penelitian ini bertujuan untuk melihat potensi limbah kulit buah dan sayur sebagai pupuk pada tanaman hidroponik. ETT dibuat dengan cara mencampurkan limbah kulit buah dan sayur dengan air, larutan gula merah, dan Effective microorgaanisme-4 (EM-4). ETT dibuat dengan berbagai macam variasi penambahan EM-4. Adapun parameter yang dianalisis yaitu pH dan kandungan hara N, P, K, Zn, Fe dan C-Organik secara berturut-turut menggunakan metode Kjeldahl, Atomic Absorption Spectrophotometry (AAS) dan Spektrofotometer UV-Vis. Kandungan NPK dan pH tertinggi didapatkan pada pemberian EM-4 sebanyak 100 mL (ETT 5) dengan masing-masing kandungan N, P, dan K secara berturut-turut 0,02%; 0,34%; 0,39% serta pH 3,08. Tinggi tanaman kangkung paling baik pada pemberian 1,5% ETT dengan volume EM-4 50 mL (ETT 3).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Refilda. M.S.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 29 Aug 2023 04:14
Last Modified: 29 Aug 2023 04:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/211070

Actions (login required)

View Item View Item