PELAKSANAAN FUNGSI TIM KLEWANG BURU SERGAP POLRESTA PADANG DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN KEKERASAN DI WILAYAH HUKUM POLRESTA PADANG

Sultan, Arya (2023) PELAKSANAAN FUNGSI TIM KLEWANG BURU SERGAP POLRESTA PADANG DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN KEKERASAN DI WILAYAH HUKUM POLRESTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf

Download (614kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text (BAB IV (Penutup))
BAB IV PENUTUP.pdf

Download (87kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pihak kepolisian yaitu Polresta Padang membentuk Tim Klewang Buru Sergap yang bertujuan untuk menyidik, menyelidiki, dan menangkap sekaligus memberantas tindak pidana khususnya tindak pidana pencurian dengan kekerasan yang terjadi di Kota Padang untuk mewujudkan program Kapolresta Padang yaitu menjadikan Kota Padang Zero Criminal. Tim Klewang memiliki tugas pokok sesuai dengan Pasal 13 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 menyebutkan bahwa Polri memiliki tugas pokok yaitu memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, dan memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan masyarakat. Adapun permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini yaitu: Bagaimanakah Pelaksanaan Fungsi, Kendala dan Cara Mengatasi Kendala Tim Klewang Buru Sergap Polresta Padang dalam Menanggulangi Tindak Pidana Pencurian dengan Kekerasan di Wilayah Hukum Polresta Padang. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode yuridis empiris yaitu penelitian terhadap identifikasi hukum (hukum tidak tertulis), yang dimaksudkan untuk mengetahui hukum tidak tertulis tersebut berdasarkan hukum yang berlaku dalam lingkungan masyarakat. Sifat penelitian ini ialah penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bersifat menjelaskan dan bertujuan untuk memperoleh gambaran lengkap tentang hukum yang berlaku di salah satu tempat dan waktu tertentu. Penelitian ini mendapatkan kesimpulan: Upaya yang telah dilakukan oleh Tim Klewang Buru Sergap Polresta Padang dalam menanggulangi tindak pidana pencurian dengan kekerasan yaitu upaya represif dan preventif. Kendala Tim Klewang Buru Sergap Polresta Padang dalam menanggulangi tindak pidana pencurian dengan kekerasan kekurangan SDM, kekurangan anggaran dalam melakukan penindakan tersangka di luar kota/provinsi, tersangka sulit dideteksi, kurangnya alat bukti, korban meninggal dunia, dan kurangnya partisipasi/laporan dari masyarakat, dan cara mengatasi kendala tersebut yaitu: a. Menambah Jumlah Personil Tim Klewang Buru Sergap Polresta Padang, b. Menambah Anggaran Anggaran dalam Proses Pencarian Tersangka yang Berada di Luar Kota/Provinsi, c. Menerbitkan Daftar Pencarian Orang (DPO), dan d. Melakukan Pendekatan Secara Langsung dengan Masyarakat. Kata Kunci: Tim Klewang, Pencurian dengan Kekerasan, Penanggulangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Fadillah Sabri, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 28 Aug 2023 08:55
Last Modified: 28 Aug 2023 08:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/211051

Actions (login required)

View Item View Item