Studi Kelayakan Ekonomi ( Jalan Alternatif Lubuk Alung - Sicincin )

Salsabila, - (2023) Studi Kelayakan Ekonomi ( Jalan Alternatif Lubuk Alung - Sicincin ). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (262kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Salsabila-1810921063-Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Studi kelayakan jalan alternatif antara Lubuk Alung dan Sicincin bertujuan untuk menghasilkan keuntungan ekonomi. Selain keuntungan ekonomi, Ruas Lubuk Alung – Sicincin akan mengurangi kemacetan lalu lintas. Studi ini membahas analisis kelayakan sebelum pembangunan jalan dengan menganalisis lalu lintas yang akan melintasi jalan eksisting serta lalu lintas jalan yang direncanakan melalui peramalan untuk menentukan antisipasi jumlah kendaraan pada tahun rencana yang akan datang dengan menggunakan data pertumbuhan lalu lintas dari Manual Desain Perkerasan Jalan. Untuk mengetahui persentase jumlah mobil yang menggunakan jalan raya saat ini dan yang direncanakan, juga dilakukan analisis Trip Assigment. Baik sudut pandang ekonomi dan lalu lintas diberikan untuk penelitian kelayakan. Kelayakan ekonomi mengkaji nilai penghematan waktu dan biaya operasional kendaraan (BOK), serta nilai BCR (Benefit Cost Ratio) dan NPV (Net Present Values), sedangkan kelayakan lalu lintas membandingkan derajat kejenuhan (Dj) jalan eksisting dan jalan alternatif yang direncanakan. Studi mengungkapkan derajat kejenuhan (Dj) pada kondisi kawasan yang sudah ada sebelumnya sebesar 0,94 (Jalan Eksisting Lubuk Alung – Sicincin) setelah pembangunan jalan baru. Jalan Alternatif Lubuk Alung – Sicincin memiliki derajat kejenuhan 0,42 pada awal tahun rencana dan derajat kejenuhan 0,85 pada akhir tahun rencana (2038). Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pembangunan Jalan Alternatif Lubuk Alung – Sicincin dimungkinkan dari segi lalu lintas dan ekonomi karena BCR = 1,32 > 1 dan NPV = Rp. 2.150.121.405.331 > 0.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Elsa Eka Putri, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Studi Kelayakan Ekonomi, Jalan Alternatif Lubuk Alung - Sicincin
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 28 Aug 2023 07:59
Last Modified: 28 Aug 2023 07:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/211043

Actions (login required)

View Item View Item