Pengaruh Variasi Waktu Pencelupan Terhadap Karakteristik Permukaan Lapisan Hidroksiapatit Tulang Ikan Kakap Putih Pada Paduan Titanium (Ti6AL4V) ELI yang Dilapisi dengan Metoda Dip Coating

Muhammad, Diyas Raihan (2023) Pengaruh Variasi Waktu Pencelupan Terhadap Karakteristik Permukaan Lapisan Hidroksiapatit Tulang Ikan Kakap Putih Pada Paduan Titanium (Ti6AL4V) ELI yang Dilapisi dengan Metoda Dip Coating. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstract.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text (Bab Pendahuluan)
BAB I( Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text (bab akhir)
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text
TA Sidang 1710911009 MUHAMMAD DIYAS RAIHAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Patah tulang merupakan salah satu penyebab cacat yang di akibatkan karena kecelakaan. Menurut WHO (World health Organization) angka kecelakaan fraktur di dunia akan semakin meningkat seiring bertambahnya kendaraan. Salah satu penanganan yang dapat dilakukan terhadap penderita patah tulang adalah melakukan implan tulang dengan memanfaatkan biomaterial. Salah satu biomaterial yang digunakan untuk implan adalah paduan titanium Ti6Al4V ELI yang memiliki yang memiliki biokompabilitas yang baik dan ketahanan korosi yang tinggi serta memiliki sifat mekanik yang mampu menahan pembebanan mengganti fungsi tulang. Akan tetapi material ini kurang bioaktif dalam memicu pertumbuhan tulang baru dan dalam waktu lama ion logam pada material dapat terjatuh ke dalam tubuh. Oleh karena itu untuk meningkatkan sifat bioaktif dan osseintegrasi tulang pada titanium dilakukan dengan melakukan pelapisan senyawa hidroksiapatit. Senyawa hidroksiapatit yang digunakan pada tugas akhir ini adalah senyawa hidroksiapatit tulang ikan kakap putih, yang menunjukkan bahwa tulang ikan kakap putih dapat mempercepat proses pertumbuhan dan kepadatan tulang yang lebih tinggi, sehingga berpotensi dikembangkan sebagai bahan alternative sebagai kandidat hidroksiapatit.Substrat Ti6Al4V ELI dengan ukuran 20x20x4 mm dicelupkan ke dalam suspensi larutan hidroksiapatit dengan parameter variasi waktu pencelupan yaitu 20 detik, 40 detik, 50 detik, dan 60 detik dengan kecepatan pencelupan 4mm/detik. Proses pelapisan hidroksiapatit dengan menggunakan metode dip coating dapat dilakukan pada temperatur rendah, dan dapat melapisi bentuk dan pola yang tidak beraturan. Hasil pelapisan hidroksiapatit dengan metode dip coating dipengaruhi oleh parameter penambahan hidroksiapatit dan waktu pencelupan. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan ternyata hasil pelapisan hidroksiapatit tulang ikan kakap putih dengan tekanan vacuum 30Pa dengan menggunakan SEM ternyata lapisan hidroksiapatit terlepas dari permukaan specimen, ini menandakan bahwa kekuatan lapisan dibawah 30 Pa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Eng. Gunawarman
Uncontrolled Keywords: Ti6Al4V ELI, Hidroksiapatit, Dip Coating, Waktu Pencelupan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 25 Aug 2023 04:36
Last Modified: 25 Aug 2023 04:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/210788

Actions (login required)

View Item View Item