TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN KOINWORKS TERHADAP KERUGIAN KONSUMEN AKIBAT PENCANTUMAN KLAUSULA EKSONERASI (DIKAITKAN DENGAN PERLINDUNGAN KONSUMEN SEKTOR KEUANGAN)

Givo, Morisco (2023) TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN KOINWORKS TERHADAP KERUGIAN KONSUMEN AKIBAT PENCANTUMAN KLAUSULA EKSONERASI (DIKAITKAN DENGAN PERLINDUNGAN KONSUMEN SEKTOR KEUANGAN). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak-1.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (Bab I)
Bab I-1.pdf - Published Version

Download (445kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
Bab V.pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka-2.pdf - Published Version

Download (416kB)
[img] Text (Spkripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan internet membawa banyak perubahan termasuk dalam sektor keuangan dan finansial seperti berkembangnya Fintech di bidang pinjaman (lending) yaitu adanya Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi yang diatur pada Undang-undang Nomor 4 tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10/POJK.05/2022 tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (Peer To Peer Lending disingkat P2PL). Namun perkembangan teknologi informasi sejalan dengan permasalahan perlindungan konsumen salah satunya dengan pencantuman klausula eksonerasi pada platform Koinworks bahwa segala risiko yang ditimbulkan dalam kesepakatan ini ditanggung oleh masing-masing pihak. Padahal tidak menutup kemungkinan pemberi dana dalam P2PL mengalami risiko kerugian disebabkan oleh penyelenggara. Sesuai pasal 5 Undang-undang Nomor 21 tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan (UU OJK) telah memberikan kewenangan kepada OJK untuk menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan P2PL. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana tanggung jawab perusahaan Koinworks terhadap kerugian konsumen akibat pencantuman klausula eksonerasi (2) Bagaimana pengawasan dan tanggung jawab OJK terhadap penyelenggaraan P2PL. Penelitian ini menggunakan pendekatan normatif dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh melalui studi kepustakaan dan studi dokumen dan selanjutnya dianalisa secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian perusahaan Koinworks Bertanggung jawab atas kerugian yang disebabkan kesalahan, kelalaian, dan perbuatan yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan dan/atau perjanjian, baik yang dilakukan direksi, dewan komisaris, dan pegawai Perusahaan Koinworks dan/atau dilakukan oleh pihak ketiga yang mewakili atau bekerja untuk kepentingan Perusahaan Koinworks. Beban dan tanggung jawab pembuktian terhadap unsur kesalahan berada pada perusahaan Koinworks. OJK berwenang melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan P2PL dan bertanggung jawab mencegah kerugian konsumen dan masyarakat. Apabila OJK tidak mampu mencegah kerugian terhadap masyarakat akibat klausula eksonerasi ini, OJK dapat digugat dengan alasan perbuatan melawan hukum. Kata Kunci : Peer To Peer Lending, Klausula Eksonerasi, Pengawasan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Hj. Yulia Mirwati, S.H., C.N., M.H Zulkifli, S.H.,M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 25 Aug 2023 05:00
Last Modified: 30 Aug 2023 02:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/210780

Actions (login required)

View Item View Item