KEWENANGAN PENGADILAN NIAGA DALAM PENYELESAIAN PERKARA KEPAILITAN YANG MENGANDUNG PERJUMPAAN HUTANG (IPSO IURE COMPENSATUR)

Farhan, Nugraha (2023) KEWENANGAN PENGADILAN NIAGA DALAM PENYELESAIAN PERKARA KEPAILITAN YANG MENGANDUNG PERJUMPAAN HUTANG (IPSO IURE COMPENSATUR). Diploma thesis, universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (401kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (300kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Perkara Kepailitan yang mengandung Unsur Perjumpaan Hutang (Ipso Iure Compensatur) pernah diajukan kepada Pengadilan Niaga Jakarta Pusat dengan nomor 35/PAILIT/1999/PN.JKT.PST antara PT. Waskita Karya sebagai pemohon dengan PT. Mustika Princess Hotel sebagai termohon. Dalam kasus tersebut ditemukan fakta bahwa pemohon pailit belum memenuhi perjanjian konstruksi pembangunan hotel sepenuhnya yang bahkan berakibat merugikan termohon pailit. Perkara Kepailitan yang mengandung Unsur Perjumpaan Hutang (Ipso Iure Compensatur) pemohon dibebani wajib bukti (beerden of proof) untuk membuktikan counter claim tentang wanprestasi dan kerugian yang dialaminya. Pembuktian yang dilakukan oleh kedua pihak menuntut penyelesaian berdasarkan cara dan sistem pembuktian yang kompleks. Pengadilan Niaga sebagai peradilan yang mempunyai kewenangan absolut dalam menyelesaikan perkara kepailitan akan memeriksa dan memutus kasus yang dianggap kompleks ini dengan asas pembuktian sederhana (sumir) berdasarkan Undang-undang Kepailitan No. 37 Tahun 2004. Penelitian yang dilakukan yaitu deskriptif analitis dengan menggunakan metode pendekatan yuridis normatif. Data sekunder diperoleh melalui studi dokumen terhadap bahan kepustakaan yang berupa literatur dan dokumen yang ada dan dibantu dengan data-data lapangan yang didapat dari dokumen yang berupa putusan Pengadilan Niaga. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil kasus yang mengandung Ipso Iure Compensatur adalah kasus yang kompleks dan harus ditolak permohonannya karena bukan kewenangan dari Pengadilan Niaga. Kata Kunci : Pengadilan Niaga, Pembuktian Sederhana, Kewenangan, Perjumpaan Hutang, Ipso Iure Compensatur

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Zahara, S.H.,M.H Dian Amelia, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 25 Aug 2023 02:36
Last Modified: 25 Aug 2023 02:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/210688

Actions (login required)

View Item View Item