Pengujian Gaya Seret Pada Rumah Adat Toraja Dengan Variasi Sudut Arah Angin Melalui Simulasi CFD Dan Eksperimental Terowongan Angin

MUHAMAD, FARHAN (2023) Pengujian Gaya Seret Pada Rumah Adat Toraja Dengan Variasi Sudut Arah Angin Melalui Simulasi CFD Dan Eksperimental Terowongan Angin. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (478kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (342kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki beragam kebudayaan.salah satu kebudayaan Indonesia terletak pada rumah adat. Meskipun rumah adat memiliki desain yang masih sangat tradisional, rumah adat di Indonesia masih cukup popular karena bentuk yang menarik dengan profil atap yang unik. Salah satunya rumah adat Tongkonan yang memiliki ciri khas pada atapnya yaitu atapnya menjulang ke atas berbentuk balok. Keunikan atap ini menjadikan bangunan tersebut memiliki nilai gaya seret yang dihasilkan cukup besar, akibatnya rumah adat mudah mengalami kerusakan pada bagian atap ketika diterjang oleh angin yang berkecepatan tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk menurunkan nilai gaya seret pada rumah adat sehingga lebih aerodinamis. Pengujian rumah adat menggunakan 2 metode yaitu eksperimental menggunakan terwongan angin dan simulasi CFD. Pada pengujian dengan metode simulasi, digunakan perangkat lunak Ansys untuk memodelkan rumah adat dalam skala tertentu dan melakukan simulasi terhadap kondisi angin tertentu. Pada pengujian dengan metode eksperimental digunakan terowongan angin untuk menguji rumah adat dalam kondisi nyata dengan angin yang di atur pada kecepatan tertentu. Hasil simulasi yang diperoleh adalah terjadinya penurunan gaya seret sebesar 40% pada rumah adat Toraja dimana pada kecepatan angin 21 m/s dengan sudut 90º rumah adat awal memiliki nilai gaya seret sebesar 4,24 N dan rumah adat yang telah di design ulang memiliki nilai gaya seret sebesar 3,14 N. Kata kunci : Gaya Seret, Aerodinamis, Software Ansys.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: GUSRIWANDI, ST, MT
Uncontrolled Keywords: Gaya Seret, Aerodinamis, Software Ansys.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:40
Last Modified: 24 Aug 2023 07:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/210618

Actions (login required)

View Item View Item