EFEK SEDIAAN UMBI TALAS MENTAWAI (Colocasia esculenta L., Araceae) TERHADAP STRUKTUR DAN FUNGSI GINJAL PADA MENCIT PUTIH DIABETES MELITUS

Vivian, Ramadhani (2023) EFEK SEDIAAN UMBI TALAS MENTAWAI (Colocasia esculenta L., Araceae) TERHADAP STRUKTUR DAN FUNGSI GINJAL PADA MENCIT PUTIH DIABETES MELITUS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (341kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Diabetes Melitus (DM) merupakan kelompok penyakit metabolik akibat kelainan sekresi insulin dan kerja insulin karena kondisi gula dalam darah yang berlebih dan dapat mengakibatkan kerusakan pada organ ginjal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh umbi talas Mentawai (Colocasia esculenta L.) sebagai sediaan pangan yang dapat mencegaah kerusakan pada struktur dan fungsi pada ginjal yang disebabkan oleh penyakit diabetes melitus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dengan rancangan acak lengkap (RAL) serta perlakuan dilakukan selama 28 hari. Indeks organ, struktur histologi organ ginjal, kadar kreatinin, ureum, Indeks Urin dan malondialdehid diukur diakhir perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan pemberian sediaan umbi talas Mentawai berupa tepung, serat dan pati dalam pakan efektif dalam mencegah kerusakan struktur ginjal khususnya nekrosis sel tubulus dan glomerulus, mencegah peningkatan serum protein urin serta menekan peningkatan kadar malondialdehyde (MDA) mencit diabetes. Hasil ini mengindikasikan bahwa masing-masing sediaan talas Mentawai berpotensi sebagai mencegaah kerusakan pada struktur dan fungsi pada organ ginjal. Kata kunci : Diabetes Melitus (DM), Talas Mentawai (Colocasia esculenta L.), Malondialdehyde (MDA), Kreatinin, Ureum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QP Physiology
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 23 Aug 2023 10:05
Last Modified: 23 Aug 2023 10:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/210545

Actions (login required)

View Item View Item