ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KONFLIK ANTARA MASYARAKAT DAN PEMERINTAH NAGARI SARIK ALAHAN TIGO DENGAN PT. SUPRACO MITRA ENERGIE DALAM PEMBANGUNAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKRO HIDRO (PLTMH) DI NAGARI SARIK ALAHAN TIGO KECAMATAN HILIRAN GUMANTI

Rahmadoni, Kurniawan (2023) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KONFLIK ANTARA MASYARAKAT DAN PEMERINTAH NAGARI SARIK ALAHAN TIGO DENGAN PT. SUPRACO MITRA ENERGIE DALAM PEMBANGUNAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKRO HIDRO (PLTMH) DI NAGARI SARIK ALAHAN TIGO KECAMATAN HILIRAN GUMANTI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER_ABSTRAK)
COVER_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (612kB)
[img] Text (penutup)
Penutup doni.pdf - Published Version

Download (41kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA doni.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL WATERMARK_RAHMADONI KURNIAWAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Konflik dalam pembangunan sukar untuk dihindari karena berkaitan dengan hakekat orang banyak. Dengan melibatkan beberapa individu dan kelompok mengharuskan beberapa kelompok yang berkepentingan bisa menyesuaikan kebutuhan orang-orang sekitar atau kawasan pembangunan. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir munculnya konflik dari awal perencanaan pembangunan bahkan diharapkan sampai selesai. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Nagari Sarik Alahan Tigo oleh PT. Supraco Mitra Energie. Pembangunan ini ditentang oleh masyarakat dan menjadi konflik di daerah Sarik Alahan Tigo. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan dan menganalisis faktor-faktor penyebab konflik antara masyarakat dengan PT. Supraco Mitra Energie dalam pembangunan PLTMH di Nagari Sarik Alahan Tigo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Teori yang digunakan adalah teori Faktor Penyebab Konflik oleh Soeripto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa faktor penyebab konflik. Pertama, kurangnya sosialisasi dari perusahaan kepada masyarakat Nagari mulai dari awal pembangunan sampai pembangunan selesai. Konflik juga dipicu karena kerusakan jalan dan berdampak terhadap perekonomian masyarakat. Kedua, adanya ingkar janji dari perusahaan kepada masyarakat seperti, perbaikan jalan yang ditunda-tunda dan lapangan pekerjaan yang tidak sesuai dengan janji perusahaan. Ketiga, adanya dugaan penyalahgunaan dana oleh perangkat Nagari Sarik Alahan Tigo seperti, dana ganti rugi yang tidak sesuai dengan kesepakatan awal. Untuk menyelesaikan permasalahan ini maka antara masyarakat, pihak perusahaan dan pemerintah melakukan mediasi beberapa kali dan di tempat yang berbeda-beda, salah satunya di kantor Bupati Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Tengku Rika Valentina, S.IP, MA
Uncontrolled Keywords: Konflik Pembangunan PLTMH, PT. Supraco Mitra Energie, Faktor Penyebab Konflik.
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:38
Last Modified: 12 Sep 2023 03:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/210523

Actions (login required)

View Item View Item