Hubungan Kadar Interleukin-8 Dengan Derajat Keparahan Dan Identifikasi Jenis Malassezia Dan Asam Lemak Sebum Kulit Kepala Sebagai Faktor Penyebab Terjadinya Ketombe

Rizal, Yosse (2023) Hubungan Kadar Interleukin-8 Dengan Derajat Keparahan Dan Identifikasi Jenis Malassezia Dan Asam Lemak Sebum Kulit Kepala Sebagai Faktor Penyebab Terjadinya Ketombe. Doctoral thesis, Fakultas Kedokteran.

[img] Text (over dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (bab 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text (bab Akhir)
Bab akhir.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (94kB)
[img] Text (Disertasi Full)
Disertasi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK IDENTIFIKASI SPESIES MALASSEZIA, ASAM LEMAK SEBUM KULIT KEPALA DAN INTERLEUKIN-8 SEBAGAI FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KETOMBE DAN HUBUNGAN KADAR INTERLEUKIN-8 DENGAN DERAJAT KEPARAHAN KETOMBE Yosse Rizal Ketombe merupakan penyakit kulit yang menimbulkan permasalahan bagi pasien dengan keluhan gatal. Disamping perasaan gatal juga menyebabkan ketidak nyamanan bagi penderita sendiri. Faktor penyebab ketombe ditenggarai oleh jamur malasssezia dan peranan lipid sebum kepala. Kedua faktor ini akan menimbulkan iritasi dan peradangan yang akan meningkatkan sitokin pro inflamasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa spesies malassezia, asam lemak sebum kulit kepala dan interleukin-8 sebagai faktor penyebab terjadinya ketombe dan hubungan kadar interleukin-8 dengan derajat keparahan ketombe. Penelitian ini bersifat observasional cross-sectional dengan jumlah pasien sebanyak 60 orang. Pasien dibagi atas derajat keparahan ringan/sedang dan berat berdasarkan Score Severity Dandruf. Pemeriksaann spesies malassezia dilakukan dengan sequencer real time polymerase chain reaction. Jenis lipid diperiksa dengan gas chromatography mass spectrometry. Kadar interleukin-8 diperiksa dengan metode Elisa. Hasil pemeriksaan didapatkan terdapat 26 pasien menderita ketombe ringan-sedang, 34 pasien menderita ketombe berat. Malassezia restricta menduduki tempat teratas sebanyak 73,3 % diikuti oleh Malassezia globosa (23,3%). Jenis lipid sebasia terbanyak adalah Hexanediolic acid (41,6%) diikuti Octadecenoid acid (31,7%). Terdapat hubungan kadar interleukin-8 antara ketombe derajat ringan-sedang dengan derajat’ Kesimpulan hasil penelitian didapatkan Malassezia restricta merupakan penyebab ketombe yang terbanyak, Hexanedioic acid merupakan asam lemak yang terbanyak sebagai penyebab ketombe dan ada hubungan kadar IL-8 dengan derajat keparahan ketombe. Kata kunci: spesies malassezia, asam lemak sebum, kadar interleukin-8, derajat keparahan ketombe.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Nuzulia Irawati, MS
Subjects: R Medicine > RL Dermatology
Divisions: Pascasarjana (S3)
Depositing User: s3 Biomedik kedokteran
Date Deposited: 22 Aug 2023 08:18
Last Modified: 22 Aug 2023 08:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/210297

Actions (login required)

View Item View Item