HUBUNGAN SAFETY CLIMATE DENGAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA KARYAWAN DEPARTEMEN TAMBANG DAN PENGELOLAAN BAHAN BAKU PT. SEMEN PADANG

INDAH, WAHYUNI (2023) HUBUNGAN SAFETY CLIMATE DENGAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA KARYAWAN DEPARTEMEN TAMBANG DAN PENGELOLAAN BAHAN BAKU PT. SEMEN PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (130kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (191kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Proses kerja tambang yang dimulai dari pembersihan lahan sampai dengan storage memiliki resiko dan potensi kecelakaan yang tinggi. Keselamatan dan keselamatan kerja (K3) perlu diterapkan agar pekerja terlindungi dari bahaya dan kecelakaan kerja tesebut. Safety climate merupakan salah satu konstruk yang memprediksi tingkat keselamatan dan kesehatan kerja (K3) karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan safety climate dengan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada karyawan Departemen Tambang dan Pengelolaan Bahan Baku PT. Semen Padang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis Spearman’s Rho. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 100 karyawan Departemen Tambang dan Pengelolaan Bahan Baku PT. Semen Padang yang diperoleh menggunakna teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan alat ukur 24-item Nordic Occupational Safety Climate Questionnaire (NOSACQ-24) dan Workplace Health and Safety Instrument German (WHASI-G). Reliabilitas pada alat ukur NOSACQ-24 adalah sebesar .905 dan pada alat ukur WHASI-G adalah sebesar .911. Hasil peneltian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara safety climate dengan keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Hal ini dapat diketahui dari signifikansi yang diperoleh sebesar .000 (p<.05) dan nilai koefisien korelasi sebesar .699. Penelitian ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dan safety climate pada karyawan Departemen Tambang dan Pengelolaan Bahan Baku PT. Semen Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Arni Amir, MS
Uncontrolled Keywords: Safety Climate (Iklim Keselamatan), Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Karyawan Pertambangan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:13
Last Modified: 16 Aug 2023 04:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/210143

Actions (login required)

View Item View Item