TANGGUNG JAWAB PENYEDIA JASA KONSTRUKSI TERHADAP KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) TENAGA KERJA DALAM PELAKSANAAN KONTRAK KERJA KONSTRUKSI (STUDI PADA CV. AZYRA di Kota Solok)

Rafi, Alfayet (2023) TANGGUNG JAWAB PENYEDIA JASA KONSTRUKSI TERHADAP KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) TENAGA KERJA DALAM PELAKSANAAN KONTRAK KERJA KONSTRUKSI (STUDI PADA CV. AZYRA di Kota Solok). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skrisi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pekerjaan konstruksi merupakan pekerjaan yang mengandung tingkat resiko tinggi oleh karena itu perlu adanya tanggung jawab perusahaan dalam hal keselamatan dan kesehatan kerja untuk terpenuhinya hak tenaga kerja dan mencapai kewujudan lingkungan sesuai yang diamananatkan oleh Pasal 59 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi dan Pasal 86 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. CV. AZYRA adalah badan usaha dalam bidang jasa konstruksi, dalam melaksanakan proses pekerjaan konstruksi banyaknya pekerja yang tidak disiplin menggunakan alat pelindung diri dan tidak adanya tenaga ahli keselamatan dan kesehatan yang berpotensi memicu terjadinya kecelakaan kerja, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui diantaranya : 1) Bentuk tanggung jawab penyedia jasa konstruksi terhadap keselamatan dan kesehatan kerja (K3) tenaga kerja dalam pelaksanaan kontrak kerja konstruksi (studi pada CV. AZYRA di Kota Solok). 2) Hambatan dan solusi penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) tenaga kerja dalam pelaksanaan kontrak kerja konstruksi (studi pada CV. AZYRA di Kota Solok). Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris dengan teknik pengumpulan data yaitu dengan cara studi dokumen dan wawancara, penelitian ini bersifat deskriptif analitis dan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan:1) Bentuk tanggung jawab CV. AZYRA terhadap penerapan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja belum sepenuhnya sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2012 Tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pasal 12 Ayat (1) Pengusaha dalam melaksanakan kegiatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 11 harus: a. menunjuk sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi kerja dan kewenangan di bidang K3. 2) Hambatan CV. AZYRA dalam penerapan keselamatan dan kesehatan kerja disebabkan oleh rendahnya kesadaran tenaga kerja untuk menggunakan alat pelindung diri dan tidak dilibatkannya tenaga ahli di bidang keselamatan dan kesehatan kerja. Adapun solusi yang dilakukan oleh CV. AZYRA yaitu dengan memberikan arahan dan melakukan pemeriksaan kelengkapan alat pelindung diri pekerja sebelum memulai pekerjaan, melakukan pengawasan lansung oleh manajer konstruksi dan mendaftarkan tenaga kerja ke BPJS ketenagakerjaan. Kata kunci : Tanggung jawab, Jasa konstruksi, K3

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 15 Aug 2023 06:49
Last Modified: 15 Aug 2023 06:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/210075

Actions (login required)

View Item View Item