PENGARUH PERSENTASE PENGGANTIAN TEPUNG IKAN KOMERSIL DENGAN TEPUNG IKAN SAPU - SAPU (Hypostomus plecostomus) DALAM RANSUM TERHADAP INTAKE PROTEIN, LAJU PERTUMBUHAN, BOBOT KARKAS, DAN PERSENTASE KARKAS AYAM BROILER

Cut, Hilda Liza Rahma (2023) PENGARUH PERSENTASE PENGGANTIAN TEPUNG IKAN KOMERSIL DENGAN TEPUNG IKAN SAPU - SAPU (Hypostomus plecostomus) DALAM RANSUM TERHADAP INTAKE PROTEIN, LAJU PERTUMBUHAN, BOBOT KARKAS, DAN PERSENTASE KARKAS AYAM BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover-abstrak)
cover-abstrak.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text (BAB I. Pendahuluan)
BAB I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (BAB V. PENUTUP)
BAB V. PENUTUP.pdf - Published Version

Download (133kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari persentase penggantian tepung ikan komersil dengan tepung ikan Sapu-sapu dalam ransum terhadap intake protein, laju pertumbuhan, bobot karkas, dan persentase karkas ayam broiler. Penelitian ini menggunakan 100 ekor ayam broiler umur 3 minggu yang diseleksi dari 200 ekor ayam broiler yang disediakan dan diberi perlakuan selama 3 minggu. Kandang yang digunakan berbentuk kotak sebanyak 20 kotak. Setiap kotak berisikan 5 ekor ayam broiler. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan penggantian tepung ikan komersil dengan tepung ikan Sapu-sapu yaitu A (0 % Tepung Ikan Sapu-sapu), B (25 % Tepung Ikan Sapu-sapu), C (50 % Tepung Ikan Sapu-sapu), D (75 % Tepung Ikan Sapu-sapu), dan E (100 % Tepung Ikan Sapu-sapu). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase penggantian tepung ikan komersil dengan tepung ikan Sapu-sapu memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap intake protein, laju pertumbuhan, dan bobot karkas ayam broiler. Namun, tidak memberikan pengaruh nyata (P>0,05) terhadap persentase karkas ayam broiler. Kesimpulan dari penelitian ini adalah persentase terbaik penggantian tepung ikan komersil dengan tepung ikan Sapu - sapu adalah 75% tepung ikan Sapu-sapu dan 25% tepung ikan komersil dengan nilai intake protein 661,30 g/ekor/minggu, laju pertumbuhan 0,41, bobot karkas 1119,75 g/ekor, dan persentase karkas ayam broiler 74,14%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Cut Hilda Liza Rahma, S.Pt Prof. Dr. Ir. Hj. Husmaini, MP
Uncontrolled Keywords: Ayam Broiler, Intake Protein, Laju Pertumbuhan, Bobot Karkas, Persentase Karkas, Ikan Sapu-sapu.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 15 Aug 2023 07:06
Last Modified: 15 Aug 2023 07:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/210053

Actions (login required)

View Item View Item