RANCANG BANGUN DETEKTOR KEMATANGAN BUAH KELAPA SAWIT MENGGUNAKAN SENSOR TCS3200 DAN MODUL WIFI ESP32-CAM DENGAN NOTIFIKASI VIA TELEGRAM

Aldhi, Cahyo Millenio Putro (2023) RANCANG BANGUN DETEKTOR KEMATANGAN BUAH KELAPA SAWIT MENGGUNAKAN SENSOR TCS3200 DAN MODUL WIFI ESP32-CAM DENGAN NOTIFIKASI VIA TELEGRAM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text (BAB 5 Kesimpulan dan Saran)
BAB 5 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (28kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat detektor kematangan buah kelapa sawit menggunakan sensor warna TCS3200 dan modul Wi-Fi ESP32-CAM dengan notifikasi via Telegram. Petani sawit memerlukan alat bantu pendeteksi kematangan buah sawit untuk mempermudah kerja mereka dalam memantau buah sawit. Alat ini menggunakan sensor warna TCS3200 untuk mendeteksi kematangan buah sawit berdasarkan warna kulit sawit tersebut, sedangkan modul ESP32-CAM berguna untuk memproses data dari sensor warna TCS3200 sebagai keluaran notifikasi Telegram. Objek buah sawit diletakkan di depan kotak akrilik yang sudah dirancang dengan ukuran 18 cm x 9 cm x 12 cm. Sensor warna TCS3200 mendeteksi nilai RGB dari objek sawit yang kemudian diproses oleh modul ESP32-CAM. Hasil yang diperoleh pada pengujian alat pendeteksi kematangan buah sawit dengan kondisi matang dan belum matang dapat dilihat dari notifikasi Telegram. Nilai RGB sensor warna TCS3200 akan ditampilkan berupa informasi kondisi buah sawit yang dideteksi dan dijadikan sebagai notifikasi pada aplikasi Telegram. Persentase keberhasilan pengujian kematangan buah sawit paling tinggi pada kondisi buah sawit belum matang sebesar 100% danpaling rendah pada kondisi buah sawit matang sebesar 86,6%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rahmat Rasyid, M.Si
Uncontrolled Keywords: buah sawit, sensor warna, ESP32-CAM, petani, telegram.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: s1 fisika fisika
Date Deposited: 15 Aug 2023 07:17
Last Modified: 15 Aug 2023 07:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/210040

Actions (login required)

View Item View Item