Aplikasi Artificial Neural Network Untuk Menentukan Kandungan Protein Kasar, Lemak Kasar dan BETN Dedak Padi Berdasarkan Data Absorbansi Near Infrared (NIR)

Amnurrahman, Yori (2023) Aplikasi Artificial Neural Network Untuk Menentukan Kandungan Protein Kasar, Lemak Kasar dan BETN Dedak Padi Berdasarkan Data Absorbansi Near Infrared (NIR). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak dan Cover)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (71kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (361kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan persentase akurasi ketepatan hasil aplikasi Artificial Neural Network (ANN) berdasarkan data absorbansi Near Infrared (NIR) dalam menduga kandungan protein kasar, lemak kasar, dan BETN dedak padi. Penelitian ini menggunakan 63 sampel awal dedak padi yang diperoleh dari beberapa daerah yang tersebar di Sumatera Barat yang diuji dengan analisa proksimat (AOAC, 2005) dan scanning NIR. Data spektra NIR diperoleh dengan menggunakan alat buchi NIRFlex N500 solids dengan panjang gelombang 1000-2500 nm. Treatment data dilakukan dengan metode Principal Component Analysis (PCA). Hasil pendugaan yang terbaik dilihat dari nilai Standard Error of Prediction (SEP) dan Coefficient Variation (CV) yang paling rendah. Parameter yang diamati adalah kandungan protein kasar, lemak kasar dan BETN dedak padi menggunakan analisa proksimat (AOAC, 2005), dan Artificial Neural Network (ANN) berdasarkan data absorbansi NIR. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi Artificial Neural Network (ANN) berdasarkan data absorbansi NIR diperoleh kandungan protein kasar yang paling mendekati nilai aktual dengan nilai SEP 0,76% dan CV 9,10%, lemak kasar dengan nilai SEP 0,98% dan CV 12,77%, dan BETN dengan nilai SEP 2,53% dan CV 4,52%. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa kandungan protein kasar, lemak kasar dan BETN dedak padi menggunakan analisa proksimat diperoleh rataan berturut-turut 8,32%, 7,66% dan 55,98%. Sedangkan aplikasi Artificial Neural Network berdasarkan data absorbansi NIR dapat menentukan kandungan protein kasar, lemak kasar dan BETN dedak padi dengan rataan 8,67%, 7,09% dan 57,00%. Penggunaan Artificial Neural Network berdasarkan data absorbansi NIR dapat diaplikasikan untuk menduga protein kasar dedak padi dengan akurasi 90,9%, lemak kasar 87,23%, dan BETN 95,48%. Kata Kunci : Artificial Neural Network (ANN), Dedak Padi, Near Infrared (NIR) , PCA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 15 Aug 2023 07:52
Last Modified: 15 Aug 2023 07:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/210003

Actions (login required)

View Item View Item