PERAN CAHAYA MONOKROMATIK PADA PROFIL DARAH PERFORMAN DAN LAJU PERTUMBUHAN ITIK PITALAH YANG DIBERI KUNYIT (Curcuma Longa L.) SEBAGAI FEED ADITIF

Ulvira, Rifni (2023) PERAN CAHAYA MONOKROMATIK PADA PROFIL DARAH PERFORMAN DAN LAJU PERTUMBUHAN ITIK PITALAH YANG DIBERI KUNYIT (Curcuma Longa L.) SEBAGAI FEED ADITIF. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (241kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan .pdf - Published Version

Download (574kB)
[img] Text (Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (312kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka .pdf - Published Version

Download (352kB)
[img] Text (Tesiis Full Text)
Tesis Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana, peran cahaya monokromatik kemudian diberi feed aditif kunyit memberikan dampak pada profil darah, performan dan laju pertumbuhan dan kesehatan Itik Pitalah serta mencari kombinasi terbaik dari cahaya monokromatik dengan penambahan feed aditif kunyit. Materi yang digunakan yaitu 100 ekor anak Itik Pitalah. Metode yang digunakan yaitu eksperimen dengan metode Split Plot yang disusun secara Rancangan Acak Kelompok (RAK). Perlakuan dimulai pada hari ke-15 dan lama penelitian 10 minggu. Perlakuan yang diberikan yaitu faktor petak utama (PU) adalah pencahayaan monokromatik terdiri dari cahaya kuning sebagai kontrol, biru, merah, hijau. Faktor anak petak (AP) yaitu kunyit terdiri dari B1 : 18 gr dan B2: 16 gr. Hasil percobaan menunjukan bahwa interaksi antara faktor A (cahaya) dengan faktor B (kunyit) berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap profil darah, performan dan laju pertumbuhan pada itik Pitalah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak ada interaksi antara faktor cahaya dan faktor kunyit. Namun pada nilai konversi terdapat kecenderungan yang lebih baik dibandingkan dengan perlakuan lainnya yaitu pada perlakuan cahaya hijau dengan level kunyit 18 gr.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Sabrina S.Pt, MP
Uncontrolled Keywords: Cahaya Monokromatik, Kunyit, Laju Pertumbuhan, Profil Darah, Performan
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu ternak
Date Deposited: 11 Aug 2023 07:39
Last Modified: 11 Aug 2023 07:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209986

Actions (login required)

View Item View Item