Efektivitas Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) dan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) Bundo Kanduang dalam Penanganan Keluhan Fakir Miskin di Kota Padang

Indah, Permata Sari (2023) Efektivitas Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) dan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) Bundo Kanduang dalam Penanganan Keluhan Fakir Miskin di Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
SKRIPSI INDAH COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (Bab I)
SKRIPSI INDAH BAB I.pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Text (Bab V)
SKRIPSI INDAH BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
SKRIPSI INDAH DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI INDAH FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana efektivitas Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) Dan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) Bundo Kanduang Dalam Penanganan Keluhan Fakir Miskin Di Kota Padang. Penelitian didasarkan dari latar belakang yang membahas terdapat banyak kesalahan penyaluran bantuan sosial pemerintah yang tidak sesuai ketentuan sehingga penerima manfaat tidak tepat sasaran dan pengaduan mengenai penerima bantuan sosial yang tidak sesuai kriteria. Berdasarkan dari masalah tersebut, pemerintah mengantisipasi dengan mendirikan sistem layanan rujukan terpadu dan pusat kesejahteraan sosial untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang berkaitan dengan bantuan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif model deskriptif. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Lalu, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, terdiri dari informan penelitian dan informan tahu. Penelitian ini menggunakan teori Edy Sutrisno yang terdiri dari 5 indikator yaitu pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan, dan perubahan nyata. Hasil dalam penelitian ditemukan Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) Dan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) Bundo Kanduang dikatakan semakin membaik dalam penanganan keluhan fakir miskin di Kota Padang mengalami peningkatan dalam efektivitas sistem layanan terutama pelaksanaan program sudah semakin akurat dan tepat sasaran. Pelayanan yang diberikan sudah mengalami peningkatan, dari penyelesaian keluhan bisa memakan waktu sehari, sekarang sudah hitungan jam. Namun, ada beberapa program bantuan sosial dari Pemerintah yang belum bisa ditangani SLRT dan Puskesos Bundo Kanduang seperti bantuan tentang perumahan, pertanian, dan perikanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Muhammad Ichsan Kabullah, S.IP, M.PA Dr. Ria Ariany, M.Si
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 11 Aug 2023 04:40
Last Modified: 11 Aug 2023 04:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209939

Actions (login required)

View Item View Item