Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kekerasan pada Anak Usia Sekolah Dalam Keluarga di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang

Sari, Novita (2023) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kekerasan pada Anak Usia Sekolah Dalam Keluarga di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Masters thesis, FAKULTAS KEPERAWATAN.

[img] Text (cover abstrak)
cover.pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (266kB)
[img] Text (PENUTUP)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (444kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TESIS_NOVITA SARI_WORD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS Nama : Novita Sari NIM : 2021312021 Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kekerasan pada Anak Usia Sekolah Dalam Keluarga di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang xviii + 305 Hal + 11 Tabel + 6 Bagan + 20 Lampiran ABSTRAK Pembinaan dan perlindungan terhadap anak yang seharusnya dilakukan oleh keluarga, agar anak mendapatkan hak-haknya serta menjamin pertumbuhan dan perkembangan. Kenyataanya masih banyak terdapat tindak kekerasan terhadap anak dalam keluarga baik secara fisik, psikologis, seksual dan sosial yang dilakukan oleh orangtua. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui kejadian kekerasan terhadap anak dan faktor yang dominan berhubungan dengan kekerasan pada anak usia sekolah dalam keluarga di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Metode penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Jumlah populasi 682 dan sampel sebanyak 252 responden berdasarkan kriteria inklusi dan ekslusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 252 responden, 197 responden ada melakukan kekerasan dan 55 responden yang tidak melakukan kekerasan, bentuk kekerasan yang dilakukan kekerasan verbal, fisik, sosial dan terdapat hubungan yang bermakna yakni: faktor pengetahuan, pekerjaan, Pendidikan, sosial ekonomi dan lingkungan dan tidak terdapat hubungan yang bermakna yakni faktor usia, jenis kelamin, pola komunikasi dengan kekerasan pada anak usia sekolah dalam keluarga. Faktor dominan yang berhubungan dengan kekerasan pada anak usia sekolah dalam keluarga adalah faktor sosial ekonomi yang rendah yaitu beresiko 34,4 kali dan faktor pengetahuan kurang 5,5 kali beresiko terjadinya kekerasan. Meningkatkan pengetahuan orang tua mengenai perilaku serta bentuk-bentuk kekerasan terhadap anak sehingga dapat merubah sikap orangtua. Peningkatan status ekonomi keluarga sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga guna menghindari kejadian kekerasan pada anak dalam keluarga. Kata Kunci : Kekerasan pada Anak, Faktor Orang Tua, Sosial Ekonomi, Lingkungan dan Pola Komunikasi Daftar Pustaka : 61 (2015-2022)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Meri Neherta, S.Kep., M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:37
Last Modified: 09 Aug 2023 07:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209881

Actions (login required)

View Item View Item