PERFORMANS SAPI BALI PADA PEMELIHARAAN SISTEM INTENSIF DAN INTEGRASI KEBUN KELAPA SAWIT DAN POTENSINYA DI KECAMATAN PULAU PUNJUNG, KABUPATEN DHARMASRAYA

RAMA, ZULHAMDI (2023) PERFORMANS SAPI BALI PADA PEMELIHARAAN SISTEM INTENSIF DAN INTEGRASI KEBUN KELAPA SAWIT DAN POTENSINYA DI KECAMATAN PULAU PUNJUNG, KABUPATEN DHARMASRAYA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (Bab 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (220kB)
[img] Text (Bab 5)
bab 5.pdf - Published Version

Download (17kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PERFORMANS SAPI BALI PADA PEMELIHARAAN SISTEM INTENSIF DAN INTEGRASI KEBUN KELAPA SAWIT DAN POTENSINYA DI KECAMATAN PULAU PUNJUNG, KABUPATEN DHARMASRAYA Rama Zulhamdi, dibawah bimbingan Prof. Dr. Ir. Salam N. Aritonang, MS dan Prof. Dr. Ir. Elly Roza, MS Departemen Teknologi Produksi Ternak Fakultas Peternakan Universitas Andalas, 2023 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performans sapi Bali pada pemeliharaan intensif dan integrasi kebun kelapa sawit di Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya. Metode yang digunakan yaitu metode survei dengan cara purposie sampling. Data yang dikumpulkan adalah dari data primer dan data sekunder. Peubah yang diamati yaitu perfomans yang terdiri dari konsumsi pakan, pertambahan bobot badan harian (PBBH), dan konversi pakan sapi Bali. Potensi limbah daun perkebunan kelapa sawit dan hijauan dibawahnya sebagai pakan ternak. Data dianalisis dan dibandingkan dengan menggunakan uji-t. Hasil yang diperoleh adalah sapi Bali yang dipelihara secara intensf memiliki konsumsi dan konversi pakan yang lebih tinggi, sedangkan untuk pertambahan bobot harian (PBBH) sapi Bali pada pemeliharaan intensif dan integrasi kebun kelapa sawit tidak berbeda. Daun kelapa sawit mempunyai potensi sebagai pakan ternak untuk mencukupi kebutuhan 4.029,55 ST, serta hijauan di bawah kelapa sawit mempunyai potensi sebagai pakan ternak untuk mencukupi kebutuhan 4.988,91 ST. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa performans sapi Bali yang dipelihara secara integrasi kebun kelapa sawit lebih tinggi dibandingkan dengan pemeliharaan sapi Bali secara intensif, sementara limbah daun kelapa sawit berpotensi sebagai pakan ternak untuk mencukupi kebutuhan 4.029,55 ST, serta hijauan di bawah kelapa sawit mempunyai potensi sebagai pakan ternak untuk mencukupi kebutuhan 4.988,91 ST. Kata Kunci : Sapi Bali, Intensif, Integrasi, Potensi, Perfomans, Daya Tampung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 09 Aug 2023 05:01
Last Modified: 09 Aug 2023 05:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209856

Actions (login required)

View Item View Item