Potensi Penggunaan Cairan Pendingin Minyak Sawit dan Minyak Kelapa Terhadap Kualitas Permukaan Hasil Pembubutan Baja S45C

Asyraf, Hadi Fauzi (2023) Potensi Penggunaan Cairan Pendingin Minyak Sawit dan Minyak Kelapa Terhadap Kualitas Permukaan Hasil Pembubutan Baja S45C. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (102kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (639kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berfokus kepada potensi penggunaan jenis cairan pendingin ramah lingkungan dari minyak sawit dan minyak kelapa serta pengaruh variasi gerak makan terhadap kehalusan permukaan produk yang dibubut. Tujuan penelitian ini pertama adalah untuk melihat pengaruh dari penggunaan minyak sawit dan minyak kelapa dalam mengurangi kekasaran permukaan produk serta mengatasi dampak dari pengunaan cairan pendingin terhadap lingkungan dan kesehatan operator. Kedua melihat pengaruh variasi gerak makan terhadap kekasaran permukaan. Penelitian ini melibatkan proses pembubutan baja karbon menengah S45C menggunakan pahat jenis karbida dimana putaran spindle (n) dibuat tetap pada 585 r/menit dan kedalaman potong tetap pada 0,5 mm. Variabel bebas yang divariasikan adalah gerakan makan dengan nilai 0,1138 mm/r; 0,2276 mm/r; dan 0,4430 mm/r. Tiga jenis cairan pendinginan yang digunakan adalah minyak sawit, minyak kelapa, dan perbandingan dengan bromus. Dalam hasil penelitian tersebut, penggunaan minyak sawit dan minyak kelapa sebagai media pendingin memberikan kontribusi yang lebih baik dibandingkan dengan media pendingin lainnya, seperti bromus, dalam meningkatkan kualitas permukaan produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Adam Malik, M.Eng
Uncontrolled Keywords: Minyak Sawit, Minyak Kelapa, Proses Pemesinan, Kualitas Permukaan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:27
Last Modified: 07 Aug 2023 04:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209783

Actions (login required)

View Item View Item