Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Hand Dermatitis pada Pekerja Pencuci Mobil dan Sepeda Motor di Kecamatan Padang Timur

Shafiqah, Zawira (2023) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Hand Dermatitis pada Pekerja Pencuci Mobil dan Sepeda Motor di Kecamatan Padang Timur. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text (Bab 1 (Pendahuluan))
Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (BAB Penutup)
BAB Penutup (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (340kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (443kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Hand dermatitis merupakan suatu tipe eksim atau dermatitis kontak pada tangan yang disebabkan oleh bahan iritan atau alergen. Hand dermatitis sering berhubungan dengan pekerjaan, salah satunya adalah pekerja pencuci mobil dan sepeda motor. Faktor resiko yang dapat mempengaruhi kejadian hand dermatitis adalah masa kerja, lama kontak, usia, riwayat atopi, personal hygiene, dan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian hand dermatitis pada pekerja pencuci mobil dan sepeda motor di Kecamatan Padang Timur. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik kuantitatif dengan metode cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 32 sampel. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara langsung terhadap responden dan instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Hasil analisis bivariat penelitian menunjukkan adanya hubungan antara lama kontak, personal hygiene, dan penggunaan APD dengan kejadian hand dermatitis. Didapatkan nilai p masing-masing p=0,020, p=0,027, dan p=0,000. Hasil dari tidak adanya hubungan antara masa kerja, usia, dan riwayat atopi didapatkan nilai p masing-masing p=0,798, p=0,211, dan p=0,637. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapatnya hubungan antara lama kontak, personal hygiene, penggunaan APD pada kejadian hand dermatitis, serta didapatkan tidak adanya hubungan antara masa kerja, usia dan riwayat atopi dengan kejadian hand dermatitis pada pekerja pencuci mobil dan sepeda motor di Kecamatan Padang Timur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Gardenia Akhyar, Sp.KK(K), FINSDV
Uncontrolled Keywords: Hand dermatitis, Masa Kerja, Lama Kontak, Usia, Riwayat Atopi, Personal Hygiene, Penggunaan APD
Subjects: R Medicine > RL Dermatology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Profesi Dokter
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 15 Aug 2023 08:44
Last Modified: 15 Aug 2023 08:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209746

Actions (login required)

View Item View Item