ANALISIS EFEKTIVITAS BIAYA PENGGUNAAN AMLODIPIN TUNGGAL DAN KOMBINASI AMLODIPIN-CANDESARTAN PADA PASIEN STROKE ISKEMIK DI INSTALASI RAWAT INAP RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Belabudhi, Smara Maruti (2023) ANALISIS EFEKTIVITAS BIAYA PENGGUNAAN AMLODIPIN TUNGGAL DAN KOMBINASI AMLODIPIN-CANDESARTAN PADA PASIEN STROKE ISKEMIK DI INSTALASI RAWAT INAP RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 27 July 2024.

Download (176kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 27 July 2024.

Download (707kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 27 July 2024.

Download (383kB)
[img] Text (Bab 5 Kesimpulan)
BAB 5 Kesimpulan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 27 July 2024.

Download (592kB)
[img] Text (Skripsi fulltext)
Skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 27 July 2024.

Download (3MB)

Abstract

Stroke iskemik merupakan penyakit kardiovaskular penyebab kematian dan kecacatan kedua terbanyak pada tahun 2021 di seluruh dunia. Amlodipin merupakan antihipertensi tunggal yang paling banyak yang diberikan kepada pasien stroke iskemik dan kombinasi CCB (Calcium Channel Blocker) dengan ARB (Angiotensin Receptor Blocker) merupakan kombinasi dua golongan antihipertensi terbanyak. Stroke merupakan penyakit yang membutuhkan biaya perawatan dan rehabilitasi yang besar. Oleh karena itu diperlukan studi yang mempertimbangkan efektivitas terapi antihipertensi dengan biaya yang diperlukan untuk pengobatan pasien. Tujuan penelitian ini adalah menentukan nilai Rasio Inkremental Efektivitas Biaya (RIEB) terapi antihipertensi kombinasi Amlodipin-Candesartan terhadap Amlodipin tunggal pada pasien stroke iskemik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan rekam medis pasien sebagai data. Dari 67 sampel, sebanyak 31 sampel (46,3%) menerima terapi Amlodipin tunggal dan 36 sampel (53,7%) menerima kombinasi Amlodipin-Candesartan. Mayoritas pasien stroke iskemik merupakan laki-laki, berada pada kelompok usia 55-64 tahun, memiliki tingkat pendidikan menengah dan berpenghasilan. Karakteristik sosiodemografi pasien tidak memiliki hubungan dengan luaran klinis (penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik). RIEB didapatkan sebesar -Rp34.246,26/mmHg untuk penurunan tekanan darah sistolik dan -Rp71.269,25/mmHg untuk penurunan tekanan darah diastolik. Diagram efektivitas biaya terletak di kuadran II, hal ini berarti terapi kombinasi Amlodipin-Candesartan lebih efektif serta membutuhkan biaya yang lebih sedikit daripada terapi Amlodipin tunggal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: apt. Najmiatul Fitria, M.Farm, Ph.D
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:30
Last Modified: 27 Jul 2023 07:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209600

Actions (login required)

View Item View Item