PERENCANAAN PEDOMAN KESELAMATAN PELAKSANAAN KONSTRUKSI ATAP STRUKTUR BAJA GEDUNG PUSAT INFORMASI DAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Alfi, Syahril (2023) PERENCANAAN PEDOMAN KESELAMATAN PELAKSANAAN KONSTRUKSI ATAP STRUKTUR BAJA GEDUNG PUSAT INFORMASI DAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
2. Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (52kB)
[img] Text (Bab Akhir)
3. Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (Tugas Akhir Utuh)
5. tugas akhir utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Kemajuan infastruktur di era saat ini menghasilkan mahakarya konstruksi yang begitu menajukbkan. Di samping itu sektor konstruksi menjadi sektor paling berisiko dalam kecelakan kerja. International labour organization atau ILO (2023) melaporkan sedikitnya sebanyak 100.000 kecelakaan fatal terjadi di sektor konstruksi. Pekerjaan yang bekerja di ketinggian merupakan suatu kegiatan atau aktivitas yang berisiko tinggi. Lemahnya perencanaan keselamatan konstruksi menjadi pemicu banyaknya terjadinya kecelakaan konstruksi. Perlu dilakukan perencanaan secara mendetail dengan berpedoman dengan peraturan yang berlaku. Adapun penelitian ini merencanakan keselamatan konstruksi pekerjaan atap berbasis design to construct dan integrated determining control. Penelitian ini dilakukan pada gedung pusat informasi dan perpustakaan UNP. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian deduktif dengan menggunakan studi literatur, studi kasus, dan penggunaan pedoman & standar perencanaan keselamatan konstruksi dan metode penelitian induktif dengan melakukan wawancara dalam bentuk kuesioner kepada praktisi untuk melakukan validasi akhir tugas akhir ini. Tahapan yang dilakukan dengan melakukan : identifikasi bahaya, penilaian risiko, biaya konversi skala penilaian risiko, penentuan pengendalian bahaya, perbandingan biaya risiko dan biaya pengendalian biaya. Pada perencanaan keselamatan konstruksi yang dinilai berdasarkan kerugian biaya didapat bahaya yang identifikasi pada pekerjaan atap struktur baja berjumlah 155 bahaya. Dengan potensi skala rendah (rentang kerugian : Rp 23.272.600 – Rp 11.452.242.466,667) ii berjumlah 149 bahaya dan dan 6 bahaya berskala sedang (rentang kerugian : Rp 11.452.242.466,667- Rp. 22.927.757.533) Nilai perbandingan antara biaya kerugian dan biaya pengendalian menunjukkan kesenjangan biaya yang dikeluarkan sesuai dengan bahaya yang telah diidentifikasi. Pekerjaan pemasangan penutup atap memiliki kesenjangan yang paling besar yaitu 72.86 dan pekerjaan pemasangan anchor memiliki paling kecil yaitu 13.371. adapun hasil akhir pada penelitian ini disajikan dalam bentuk 3D model yang berisikan pengendalian keteknikan, manajemen dan manusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir AKHMAD SURAJI, M.T.,Ph.D.,IPM
Uncontrolled Keywords: Keselamatan Konstruksi, Atap, Pengendalian Bahaya
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:27
Last Modified: 25 Jul 2023 07:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209596

Actions (login required)

View Item View Item