PERENCANAAN KESELAMATAN KONSTRUKSI PADA INSTALASI TOWER CRANE (STUDI KASUS: PEMBANGUNAN GEDUNG PUSAT INFORMASI DAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG)

Salsabila, Puteri Madani (2023) PERENCANAAN KESELAMATAN KONSTRUKSI PADA INSTALASI TOWER CRANE (STUDI KASUS: PEMBANGUNAN GEDUNG PUSAT INFORMASI DAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (413kB)
[img] Text (Bab 1)
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (485kB)
[img] Text (Bab 5)
3. BAB 5.pdf - Published Version

Download (570kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (340kB)
[img] Text (Skripsi Full)
5. FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Kemajuan pada bidang konstruksi di Indonesia semakin pesat. Penggunaan alat angkat merupakan salah satu peralatan kerja yang dibutuhkan dalam tahap pelaksanaan pembangunan gedung bertingkat, untuk meningkatkan pelaksanaan dan produktivitas. Kurangnya penerapan pada standar yang ada, tidak adanya anggaran dikarenakan biaya yang terbatas, serta kurangnya pengawasan dari pihak yang terlibat seperti pemerintah merupakan sebuah penyebab rendahnya keselamatan konstruksi di Indonesia. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk merencanakan keselamatan konstruksi pada instalasi tower crane berdasarkan design to construct dan integrated determining control berupa tindakan keteknikan keselamatan, manajemen keselamatan, perilaku selamat manusia yang dapat mencegah terjadinya insiden yang membahayakan tenaga kerja dan masyarakat, serta kerusakan harta benda/aset dan lingkungan. Metode pada penilitian ini yaitu berdasarkan pada studi literatur, peraturan dan ketentuan yang berlaku, baik di Indonesia maupun di luar negeri dalam melakukan sebuah perencanaan. Kemudian pada penelitian ini juga dilakukan penyebaran kuesioner kepada para praktisi ataupun tenaga ahli terkait penilaian risiko dalam biaya dampak kerugian. Pada studi kasus Proyek Pembangunan Gedung Pusat Informasi dan Perpustakaan Universitas Negeri Padang didapatkan rentang harga biaya dampak kerugian dimulai dari Rp 23.272.600 - Rp 11.452.242.466.7. Sehingga disimpulkan bahwa biaya dampak kerugian lebih besar dibandingkan dengan biaya pengendalian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir Akhmad Suraji, M.T.,Ph.D.,IPM
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Keselamatan Konstruksi, Tower Crane
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:15
Last Modified: 25 Jul 2023 08:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209594

Actions (login required)

View Item View Item