PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENULIS TERHADAP PEREDARAN E-BOOK SECARA ILEGAL MELALUI WHATSAPP BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA

ANGELIA, MAYA MONALISA (2023) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENULIS TERHADAP PEREDARAN E-BOOK SECARA ILEGAL MELALUI WHATSAPP BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV Penutup.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (187kB)
[img] Text (Full Text)
Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hak Kekayaan Intelektual (HKI) merupakan hak yang dimiliki manusia atas kemampuan intelektualnya dalam menghasilkan suatu karya di dalam bidang teknologi, ilmu pengetahuan, seni, dan sastra. Hak cipta merupakan salah satu bagian dari (HKI). Hak cipta adalah hak eksklusif pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Salah satu objek yang dilindungi hak cipta ialah buku. Namun dengan seiring dengan berkembangnya zaman dimana perkembangan teknologi juga terus berkembang membuat zaman menjadi zaman era digital. Tak terlepas juga buku yang memiliki versi digital atau e-book sebagai imbas perkembangan teknologi. E-book memiliki karakteristik yang diberikan benda digital yaitu mudah untuk diperbanyak atau digandakan lalu disebarkan melalui media whatsapp yang merugikan penulis e-book tersebut. Maka, terdapat rumusan masalah yaitu : 1. Bagaimana perlindungan hukum e-book atau buku elektronik bagi penulis terhadap peredaran e-book melalui whatsapp? 2. Bagaimana upaya hukum yang dapat dilakukan penulis jika terjadi pelanggaran hak cipta?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian hukum normatif yaitu mengacu pada Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. Pada hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan peredaran e-book melalui whatsapp melanggar dan merugikan hak-hak ekonomi penulis. Mengenai adaptasi jika dikaitkan dengan e-book masih terdapat kekaburan hukum karena melihat contoh dari adaptasi yang terdapat dalam penjelasan UU Hak Cipta sangat berbeda e-book sehingga belum secara jelas e-book termasuk dalam adaptasi atau tidak. Dalam terjadinya pelanggaran hak cipta, upaya hukum yang dapat ditempuh yaitu dapat melalui alternatif penyelesaian sengketa, arbitrase, atau pengadilan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Neneng Oktarina, S.H., M.H.
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 14 Sep 2023 08:09
Last Modified: 14 Sep 2023 08:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209555

Actions (login required)

View Item View Item